home news

Cahaya Ramadhan: Iman dan Puasa

Sabtu, 16 Maret 2024 - 12:13 WIB
Rektor Universitas Islam Makassar (UIM) Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MA. Foto; Istimewa
Prof Dr KH Muammar Bakry Lc MA

(Rektor Universitas Islam Makassar)Iman bisa sebagai kata sifat, bisa juga sebagai kata kerja. Ini memberi pelajaran bahwa kata ini tidaklah mudah untuk disandang sebagai sifat seseorang kecuali dengan terus berusaha dan bekerja untuk mencapai derajat iman.

Kata Iman dalam bahasa Arab terdapat banyak bentuk, antara lain Amanna, imnan yang berarti optimal. Pengertian ini bermakna bahwa orang yang beriman melakukan pekerjaan dengan baik dan optimal serta meyakinkan, tidak dilakukan asal-asalan.

Kata ini juga terambil dari akar kata amuna, amanah yang berarti bertanggungjawab apabila diberi amanah, artinya orang mukmin idealnya bukanlah orang yang menghianati amanah yang diberikan kepadanya.

Baca Juga: Cahaya Ramadan: Marhaban Ya Ramadan

Kata iman juga berasal amina, amnan yang berarti tenang atau memberi ketenangan, maksudnya bahwa orang beriman adalah orang yang selalu menjaga diri, orang lain dan lingkungannya tetap aman dan damai. Kehadirannya membuat orang lain merasa tenang, bukan menjadi peneror apalagi teroris.

Makna lain dari Iman adalah ammana, ta’min yang berarti menjamin dan jaminan, artinya orang beriman digaransi untuk selalu melakukan kebaikan dan manfaat kepada orang lain, sehingga ia menjadi terpandang di tengah masyarakat, dalam bahasa Arab disebut amma, juga berakar dari kata iman yang berarti terpandang karena diberi anugerah (manna) yang juga berakar dari kata iman.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya