home news

Cahya Ramadan: Manfaat Berpuasa Terhadap Kesehatan Mental

Jum'at, 29 Maret 2024 - 09:43 WIB
dr H Muhammad Alim Jaya (Pengajar, Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia). Foto: Istimewa
dr H Muhammad Alim Jaya

(Pengajar, Departemen Ilmu Kedokteran Jiwa, Fakultas Kedokteran, Universitas Muslim Indonesia).



PADA
saat ini jutaan umat Islam di seluruh dunia menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh seorang muslim yang telah memenuhi syarat untuk berpuasa.

Khusus di Indonesia, seorang muslim berpuasa sekitar 13-14 jam sehari dimulai dari sahur (sebelum subuh) hingga terbenamnya matahari (magrib). Selama berpuasa, seorang muslim tidak hanya berpantang dari makan dan minum, tetapi lebih dari itu, seorang muslim juga harus menahan seluruh tubuhnya dari melakukan sesuatu hal yang sia-sia, seperti menahan mulut untuk terlalu banyak bicara sesuatu hal yang tidak perlu, atau menahan telinga dari mendengarkan sesuatu berita yang tidak penting, menahan kaki melangkah ke tempat yang sia-sia.

Oleh karena itu, puasa mengajarkan kita pengendalian diri dan disiplin diri dengan tujuan untuk meningkatkan keadaan rohani dan jasmani serta mempererat hubungan kita dengan Allah SWT, Tuhan Semesta Alam.

Baca Juga: Cahaya Ramadan: Jejaring dan Mobil Mogok
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya