home news

Pesawat CJH Embarkasi Makassar Putar Balik, Ada Percikan Api saat Lepas Landas

Rabu, 15 Mei 2024 - 19:41 WIB
Ilustrasi. Foto: Istimewa
Pesawat Garuda GA-1105 yang mengangkut calon jemaah haji (CJH) embarkasi Makassar melakukan prosedur Return to Base (RTB) atau putar balik ke Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Rabu (15/5/2024) sore.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar Taochid Purnomo Hadi membenarkan informasi tersebut.

"Terdapat penerbangan yang mendarat kembali di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar karena mengalami kendala teknis. Penerbangan tersebut merupakan penerbangan haji kloter lima yang dilayani oleh Garuda Indonesia," kata Taochid dalam siaran persnya yang diterima.

Pesawat itu terbang meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pukul 15.30 WITA. Setelah mendapatkan informasi kendala teknis tersebut, Angkasa Pura I beserta stakeholder Emergency Operation Committee segera siaga di bandara.

Baca juga: Lepas CJH di Embarkasi Makassar, Ashabul Kahfi Ingatkan Petugas Kloter

Pukul 17.07 WITA pesawat tersebut mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan aman dan selamat. Selanjutnya jemaah haji langsung dibawa menuju ke Asrama Haji untuk pelayanan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulawesi Selatan dan Garuda Indonesia

Sementara itu, pihak Garuda Indonesia menjelaskan bahwa penerbangan GA-1105 rute Makassar-Madinah terpaksa melakukan prosedur Return to Base (RTB) sebagai langkah cepat guna memitigasi risiko pada aspek safety dan keamanan operasional pada penerbangan tersebut.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya