home news

Aksi Bersih PLN UIP Sulawesi di Pantai Layar Putih, Sampah Terkumpul Didominasi Plastik

Kamis, 06 Juni 2024 - 10:52 WIB
PLN UIP Sulawesi bersama YKL Indonesia dan 37 kolaborator melaksanakan aksi bersih dan olah sampah di Pantai Layar Putih, Kota Makassar pada Rabu, 5 Juni 2024. Foto/Dok PLN
PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi bersama Yayasan Konservasi Laut (YKL) Indonesia dan 37 kolaborator melaksanakan aksi bersih dan olah sampah di Pantai Layar Putih, Kota Makassar pada Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap 5 Juni. Selain itu, juga bagian dari program Green Employee Involvement PLN untuk meningkatkan jiwa kepedulian pegawai PLN agar terlibat secara aktif sebagai relawan dalam program peduli lingkungan.

Dalam waktu 1 jam, 287 peserta berhasil mengumpulkan sampah 438,87 Kg didominasi plastik dari panjang pantai sekitar 200 meter. Peserta kegiatan dari pegawai PLN UIP Sulawesi, perwakilan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, organisasi mahasiswa dan masyarakat umum.

PLH GM PLN UIP Sulawesi, Budi Ari Wibowo, dalam sambutannya menyampaikan aksi bersih dan olah sampah ini dilaksanakan sebagai aksi nyata untuk memerangi permasalahan sampah di lingkungan khususnya wilayah pesisir dan laut.

"Aksi bersih pantai dari sampah plastik ini sebagai aksi yang harus dibumikan bukan hanya pada saat memperingati hari lingkungan hidup," ujar Budi Ari Wibowo.

Budi Ari mengungkapkan, dari berbagai penelitian mengungkapkan sampah plastik sangat berbahaya bagi kelestarian laut. Bahkan mikroplastik telah ditemukan dalam tubuh ikan yang dikonsumsi setiap hari oleh masyarakat Kota Makassar.

Diakui, aksi ini memang jangka pendek, namun jangka panjang adalah bagaimana mengubah mindset masyarakat untuk peduli lingkungan, dengan tidak membuang sampah sembarangan, khususnya sampah plastik yang sulit terurai.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya