home news

BPBD Sulsel Dorong Mitigasi Bencana jadi Muatan Lokal di Sekolah

Kamis, 09 Maret 2023 - 19:09 WIB
Kapala BPBD Sulsel, Amson Padolo. Foto/Dok Pemprov Sulsel
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel mendorong agar mitigasi bencana masuk dalam kurikulum sekolah, khususnya di muatan lokal. Tahap awal, pihaknya akan melakukan pelatihan mitigasi dini bencana untuk guru olahraga di Sulawesi Selatan.

Hal itu disampaikan oleh Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, saat menjadi pembicara pada giat 'Ngobras' oleh Diskominfo-SP di Pressroom Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (9/3/23).

Baca Juga:Hadiri Rakornas Penanggulangan Bencana 2023, Bupati Gowa Beberkan Upaya Mitigasi

Amson menuturkan, hal itu bakal dilakukan pihaknya sebagai tindak lanjut dari perintah presiden dari Rakorsus kebencanaan yang di ikuti sebelumnya.

"Pertama, bagaimana mitigasi dini, juga masyarakat mengetahui bagaimana adanya potensi bencana itu. Selain itu juga, agar di dalam rencana pembangunan memasukkan risiko bencana. Dan menggunakan anggaran yang maksimal," ujarnya.

Untuk tahap pertama, sebanyak 100 guru akan di berikan pelatihan simulasi, teori dan praktik. Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan simulasi bencana di beberapa daerah salah satunya Parepare.

"Kita akan melakukan bimbingan kepada guru olahraga terkait dengan mitigasi dini bencana, untuk mengantisipasi bencana yang terjadi di sekolah," sebutnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
mitigasi bencana bpbd sulsel
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya