home news

Mahasiswa UC Makassar Dampingi Pembuatan Laporan Keuangan UMKM

Kamis, 20 Juni 2024 - 14:41 WIB
Penugasan mata kuliah Cost of Accounting UC Makassar, menggelar kegiatan pengabdian masyarakat kepada UMKM Dapur Mami pada Rabu, (19/06/2024).Foto: Istimewa
Mahasiswi Universitas Ciputra (UC) Makassar tidak hanya mempelajari teori selama perkuliahan, tetapi juga menerapkan ilmu secara praktis dengan berkontribusi dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Makassar.

Sebagai bagian dari penugasan mata kuliah Cost of Accounting, mereka menggelar kegiatan pengabdian masyarakat kepada UMKM Dapur Mami pada Rabu, (19/06/2024).

Baca Juga: Mahasiswa UC Makassar Berhasil Terapkan Ilmu Akuntansi di Bisnis Startup

Kelompok mahasiswi yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari lima orang, yakni Diva Cantika, Felicia Hamdani, Gracentia Eka Tunaryo, Jessenia Odelia Joesran, dan Karenina Tunggala. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada UMKM Dapur Mami dengan memberikan contoh pembuatan laporan keuangan selama satu bulan.

UMKM Dapur Mami adalah bisnis manufaktur yang bergerak di bidang kuliner dengan menu andalan salad buah. Terletak di Jalan Telaga Maya No 8, Dapur Mami juga menyediakan layanan katering makanan berat.

Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM ini adalah kurangnya pencatatan laporan keuangan yang terstruktur dan sistematis untuk mengukur Harga Pokok Penjualan (HPP) hingga perhitungan laba/rugi bisnis.

Saat ini, pencatatan keuangan Dapur Mami masih menggunakan metode manual yang sederhana, meliputi pengeluaran dan pembelian secara keseluruhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswi dari UC Makassar memperkenalkan tools pencatatan keuangan dan cara penggunaannya sesuai dengan materi yang telah mereka pelajari selama perkuliahan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya