Mahasiswa UC Makassar Dampingi Pembuatan Laporan Keuangan UMKM

Tim Sindomakassar
Kamis, 20 Jun 2024 14:41
Mahasiswa UC Makassar Dampingi Pembuatan Laporan Keuangan UMKM
Penugasan mata kuliah Cost of Accounting UC Makassar, menggelar kegiatan pengabdian masyarakat kepada UMKM Dapur Mami pada Rabu, (19/06/2024).Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Mahasiswi Universitas Ciputra (UC) Makassar tidak hanya mempelajari teori selama perkuliahan, tetapi juga menerapkan ilmu secara praktis dengan berkontribusi dalam mendukung Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di wilayah Makassar.

Sebagai bagian dari penugasan mata kuliah Cost of Accounting, mereka menggelar kegiatan pengabdian masyarakat kepada UMKM Dapur Mami pada Rabu, (19/06/2024).



Kelompok mahasiswi yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari lima orang, yakni Diva Cantika, Felicia Hamdani, Gracentia Eka Tunaryo, Jessenia Odelia Joesran, dan Karenina Tunggala. Fokus kegiatan ini adalah memberikan pelatihan kepada UMKM Dapur Mami dengan memberikan contoh pembuatan laporan keuangan selama satu bulan.

UMKM Dapur Mami adalah bisnis manufaktur yang bergerak di bidang kuliner dengan menu andalan salad buah. Terletak di Jalan Telaga Maya No 8, Dapur Mami juga menyediakan layanan katering makanan berat.

Salah satu tantangan yang dihadapi UMKM ini adalah kurangnya pencatatan laporan keuangan yang terstruktur dan sistematis untuk mengukur Harga Pokok Penjualan (HPP) hingga perhitungan laba/rugi bisnis.

Saat ini, pencatatan keuangan Dapur Mami masih menggunakan metode manual yang sederhana, meliputi pengeluaran dan pembelian secara keseluruhan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, mahasiswi dari UC Makassar memperkenalkan tools pencatatan keuangan dan cara penggunaannya sesuai dengan materi yang telah mereka pelajari selama perkuliahan.

Melalui beberapa kunjungan dan diskusi di lokasi UMKM Dapur Mami yang beralamat di Perumahan Tanjung Khayangan, para mahasiswi mulai memperkenalkan penggunaan spreadsheet, cara pembuatan laporan arus kas, laporan neraca, laporan laba/rugi, laporan perubahan modal, dan pencatatan akuntansi lainnya secara sistematis.

Mereka juga membantu dalam pembuatan laporan keuangan Dapur Mami secara lengkap untuk periode satu bulan selama Desember 2023.



Selain pelatihan pencatatan keuangan, kelompok mahasiswi ini juga memberikan inovasi baru kepada Dapur Mami dengan membantu pembuatan desain stempel dan mencetak stempel bisnis yang dapat digunakan dalam transaksi nota UMKM di masa mendatang.

Pelatihan ini sangat bermanfaat mengingat tingginya jumlah UMKM di Makassar, dan dapat menambah wawasan masyarakat mengenai pentingnya laporan keuangan dalam menjalankan bisnis. Hal ini membantu pelaku bisnis membuat keputusan manajemen yang tepat dan efisien.

Pelaksanaan kegiatan ini didampingi oleh dosen dari UC Makassar, Dr Salmah Sharon Selaku dosen pembimbing mata kuliah Cost of Accounting. Ia menjelaskan bahwa dalam proses pembelajaran, mahasiswa tidak hanya sekedar belajar, namun juga penting untuk melakukan praktik langsung sebagai bagian dari sistem pembelajaran di UC Makassar.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat membantu UMKM di Makassar, khususnya Dapur Mami, untuk berkembang lebih baik melalui pencatatan keuangan yang lebih terstruktur dan sistematis.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru