home news

Megawati Beri Selamat Presiden Xi Jinping karena Menjabat Tiga Periode

Sabtu, 11 Maret 2023 - 21:24 WIB
Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Presiden Tiongkok Xi Jinping pada jabatan periode ketiga.  Foto: Istimewa
Megawati Soekarnoputri dan PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas dikukuhkannya Presiden Tiongkok Xi Jinping pada jabatan periode ketiga.

Melalui Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto, Megawati juga mengapresiasi atas keberhasilan Tiongkok dalam mendorong perdamaian dunia dalam rekonsiliasi Arab-Saudi dan Iran yang senafas dengan pandangan Geopolitik Bung Karno.

Baca Juga: Sekjen PDIP Dukung Kebijakan Gubernur Sulsel Percepatan Pemulihan Ekonomi

"Keberhasilan ini senafas dengan semangat Dasa Sila Bandung dalam Konferensi Asia Afrika dan Gerakan Non Blok yang dipelopori Indonesia melalui kepemimpinan Bung Karno," ucap Hasto Kristiyanto, Sabtu (11/3/2023).

Perubahan konstelasi geopolitik di Timur Tengah tersebut sangat penting bagi perdamaian kawasan dan dunia.

"Ibu Megawati ketika memerintahkan saya untuk mengambil doktor pertahanan konsentrasi geopolitik Bung Karno di Universitas Pertahanan, bertujuan untuk mengkonstruksikan pemikiran geopolik Bung Karno yang sangat khas, tidak ekspansif, dan menjadikan Pancasila sebagai lifeline tata dunia baru," jelasnya.

Dirinya juga bilang, dalam teori geopolitik Bung Karno yang disebut progressive geopolitical co-exsistentence, kepentingan nasional Indonesia dibangun dengan memperhatikan konstelasi geopolitik dan disitulah kepemimpinan Indonesia.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pdip presiden china
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya