home news

Kolaborasi Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan

Rabu, 17 Juli 2024 - 19:34 WIB
Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) RI bersama Pelindo Regional 4 menggelar sosialisasi anti korupsi di lingkungan pelabuhan. Foto/Istimewa
Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) RI bersama Pelindo Regional 4 berkomitmen memberantas praktik pungli di pelabuhan. Untuk itu, ragam strategi telah dijalankan.

Selain inovasi berupa digitalisasi di lingkungan pelabuhan, penguatan SDM untuk menciptakan insan Pelindo berintegritas terus dilakukan. Terbaru, Pelindo Regional 4 menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Andry Wibowo.

Jenderal dua bintang itu memberikan edukasi dan sosialisasi bertajuk 'Penguatan Pemahaman Anti Korupsi, Anti Penyuapan, dan Menjadi Insan yang Berintegritas' di Ruang Rapat AKHLAK Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4, Rabu (17/7/2024). Selepas itu, Andry juga menyempatkan untuk mengunjungi Integrated Planning and Control Makassar New Port (MNP).

Andry menjelaskan pelabuhan merupakan tolok ukur perekonomian suatu wilayah. “Mau lihat ekonomi suatu wilayah bagus, cukup dilihat dari keramaian di pelabuhannya. Kalau pelabuhan ramai, itu berarti ekonomi di wilayahnya bagus," kata dia.

Oleh sebab itu, kata Andry, jangan merusak pelabuhan dengan pungli atau korupsi. Karena dua hal itu [pungli dan korupsi] sama saja. “Lebih baik membangun tim yang Good Corporate Governance (GCG).”

Dia berharap Pelabuhan Makassar menjadi role model atau contoh bagi pelabuhan-pelabuhan lainnya di wilayah Indonesia. Karena itu dia meminta support dan dukungan dari semua pihak.

“Pelindo harus berkolaborasi dengan semua pihak. Mari kita bersama-sama kurangi korupsi, selalu bersilaturahmi dengan baik bersama semua pihak. Perkuat silaturahmi dengan berbagai pihak,” tegas Andry.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya