Kolaborasi Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 17 Jul 2024 19:34
Kolaborasi Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan
Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) RI bersama Pelindo Regional 4 menggelar sosialisasi anti korupsi di lingkungan pelabuhan. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) RI bersama Pelindo Regional 4 berkomitmen memberantas praktik pungli di pelabuhan. Untuk itu, ragam strategi telah dijalankan.

Selain inovasi berupa digitalisasi di lingkungan pelabuhan, penguatan SDM untuk menciptakan insan Pelindo berintegritas terus dilakukan. Terbaru, Pelindo Regional 4 menghadirkan Sekretaris Satgas Saber Pungli, Irjen Pol Andry Wibowo.

Jenderal dua bintang itu memberikan edukasi dan sosialisasi bertajuk 'Penguatan Pemahaman Anti Korupsi, Anti Penyuapan, dan Menjadi Insan yang Berintegritas' di Ruang Rapat AKHLAK Lantai 7 Kantor Pelindo Regional 4, Rabu (17/7/2024). Selepas itu, Andry juga menyempatkan untuk mengunjungi Integrated Planning and Control Makassar New Port (MNP).

Andry menjelaskan pelabuhan merupakan tolok ukur perekonomian suatu wilayah. “Mau lihat ekonomi suatu wilayah bagus, cukup dilihat dari keramaian di pelabuhannya. Kalau pelabuhan ramai, itu berarti ekonomi di wilayahnya bagus," kata dia.

Oleh sebab itu, kata Andry, jangan merusak pelabuhan dengan pungli atau korupsi. Karena dua hal itu [pungli dan korupsi] sama saja. “Lebih baik membangun tim yang Good Corporate Governance (GCG).”

Dia berharap Pelabuhan Makassar menjadi role model atau contoh bagi pelabuhan-pelabuhan lainnya di wilayah Indonesia. Karena itu dia meminta support dan dukungan dari semua pihak.

“Pelindo harus berkolaborasi dengan semua pihak. Mari kita bersama-sama kurangi korupsi, selalu bersilaturahmi dengan baik bersama semua pihak. Perkuat silaturahmi dengan berbagai pihak,” tegas Andry.

Dalam pemaparannya, Andry juga mengurai titik rawan pungli di pelabuhan. Di antaranya yakni jasa pandu, jasa tunda, keluar masuk pelabuhan, keluar masuk kontainer, loket bea cukai, pos survei kendaraan, pos timbang kendaraan, dan operator tango/forklift.

Dijelaskannya pula ragam strategi yang bisa dijalankan mencegah dan memberantas pungli. Mulai dari menjalankan sistem birokrasi/aparatur yang andal, transparan, dan profesional; sistem birokrasi digital hingga mewujudkan peran serta masyarakat dalam pengawasan.

Kolaborasi Pelindo Regional 4 & Satgas Saber Pungli Sosialisasi Anti Korupsi di Pelabuhan

Sementara itu, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis menuturkan bahwa pasca merger pada Oktober 2021 lalu, telah cukup banyak perubahan yang dilakukan Perseroan.

“Pertama, Pelindo telah melakukan standardisasi operasional. Kemudian digitalisasi operasional untuk pelayanan kapal melalui aplikasi Phinisi, pelayanan peti kemas dengan aplikasi Ptos PK, pelayanan non peti kemas dengan aplikasi Ptos M, serta pelayanan penumpang dan RoRo menggunakan aplikasi Ptos R,” terang Abdul Azis.

Selain itu lanjut dia, Pelindo juga telah melakukan sistem online untuk billing jasa kepelabuhanan, dan menerapkan auto gate system untuk manless pass pelabuhan dan manless pass penumpang.

Untuk transformasi dan standardisasi operasional di seluruh pelabuhan kelolaan kata Abdul Azis, Pelindo menggunakan standardization framework dengan 6 pilar utama, yaitu Business Process, Equipment, Infrastructure and Facility, Technology, People, dan Health, Safety, Security, and Environment (HSSE).

Dia juga menjelaskan bahwa standardisasi layanan telah berhasil menurunkan port stay di semua pelabuhan kelolaan Pelindo, utamanya pelabuhan-pelabuhan yang berada di Kawasan Timur Indonesia (KTI).

Dia mencontohkan di Terminal Peti Kemas (TPK) Makassar dan TPK Ambon, dari 35 boks per jam per kapal menjadi 50 boks per jam per kapal sehingga port stay menjadi 1 hari, dari sebelumnya 2 hari.

Bagi Pelindo, manfaat yang dipetik dari hasil transformasi layanan operasi di pelabuhan yaitu membuat efisiensi biaya operasional, potensi penambahan trafik, serta peningkatan kompetensi dan knowledge. Sedangkan bagi pelanggan, terjadi pengurangan port stay dan cargo stay, optimalisasi berthing window, dan penghematan ship rental cost.

“Sementara itu bagi ekosistem maritim, transformasi layanan operasi yang dilakukan Pelindo, memberikan kontribusi terhadap penurunan biaya logistik dan mendukung konektivitas,” tukas Abdul Azis.
(TRI)
Berita Terkait
Semarak HUT ke-79 RI, Pelindo Group Makassar Gelar Bazar UMKM hingga Lomba Penataan Lingkungan
News
Semarak HUT ke-79 RI, Pelindo Group Makassar Gelar Bazar UMKM hingga Lomba Penataan Lingkungan
Dalam rangka memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Pelindo Group wilayah Makassar menggelar serangkaian kegiatan dengan tema “Nusantara Baru Indonesia Maju”.
Jum'at, 16 Agu 2024 15:31
Pelindo Jasa Maritim Tanam 790 Pohon di Maros: Ada Mangga, Lengkeng hingga Rambutan
Sulsel
Pelindo Jasa Maritim Tanam 790 Pohon di Maros: Ada Mangga, Lengkeng hingga Rambutan
Subholding PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) bagian dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) menanam ratusan pohon buah di Desa Purnakarya, Kecamatan Tanralili, Kabupaten Maros.
Rabu, 14 Agu 2024 15:52
Pelindo Group Wilayah Makassar Gelar Pelatihan Safety Riding Ojek Online-Pangkalan
News
Pelindo Group Wilayah Makassar Gelar Pelatihan Safety Riding Ojek Online-Pangkalan
Memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 tahun ini, Pelindo Group wilayah kerja Makassar berkolaborasi melakukan pelatihan safety riding dan service motor gratis bagi total 79 ojek online dan ojek pangkalan.
Rabu, 14 Agu 2024 09:42
Lantik Kepengurusan DPW IV, Presiden INAMPA Minta Dongkrak Kinerja & Wujudkan Zero Accident
News
Lantik Kepengurusan DPW IV, Presiden INAMPA Minta Dongkrak Kinerja & Wujudkan Zero Accident
President Indonesian Maritime Pilots Association (INAMPA), Pasoroan Herman Harianja, melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) IV INAMPA untuk masa bakti 2024-2028.
Senin, 12 Agu 2024 14:52
Layanan Pemanduan & Penundaan SPJM Hadir di Seluruh Indonesia, Ini Daftarnya
News
Layanan Pemanduan & Penundaan SPJM Hadir di Seluruh Indonesia, Ini Daftarnya
Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM), bagian dari Pelindo Group, menyampaikan informasi kepada seluruh pengguna jasa tentang layanan pemanduan dan penundaannya tersedia di seluruh Indonesia.
Rabu, 31 Jul 2024 15:46
Berita Terbaru