home sulbar

Terima Sertifikat HaKI, 10 UMKM Binaan PLN di Sulbar 'Naik Kelas'

Selasa, 15 Agustus 2023 - 20:21 WIB
PLN turut mendampingi UMKM saat Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HaKi). Foto/Dok PLN
PT PLN (Persero) kembali menunjukan keseriusannya untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dengan memberikan dukungan kepada 10 penggiat UMKM di Sulawesi Barat (Sulbar). PLN turut mendampingi UMKM saat Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia memberikan Sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HaKi).

Sertifikat HaKI merupakan hak untuk menikmati secara ekonomis hasil dari suatu kreativitas intelektual. Dukungan ini merupakan langkah PLN untuk terus meningkatkan UMKM dari pelaku usaha di Rumah BUMN Kabupaten Majene, Sulawesi Barat.

Menurut Alam, pelaku usaha fashion 'Mandar Hero' menuturkan, dukungan sertifikasi serta pembinaan dari PLN sangat bermanfaat bagi usaha yang dijalankannya. Selain itu ia mengaku juga mendapatkan berbagai pelatihan keterampilan usaha dari PLN.

Baca Juga:Dongkrak Value Creation, PLN UID Sulselrabar Kirim Tim Inovator Terbaik Ikuti SPKI

"Saya merasa beruntung menjadi binaan PLN di Rumah BUMN Kabupaten Majene. Usaha yang semula saya rintis dari nol kini sudah mulai berkembang dan memberikan hasil yang lumayan banyak," kata Alam.

Ia mencatat sebelum bergabung dengan Rumah BUMN, omzetnya hanya Rp3 Juta per bulannya. Namun setelah bergabung dan mendapatkan pelatihan, dirinya mengaku omzet meningkat berkali-kali lipat menjadi Rp80 juta per bulannya.

“Kami berharap PLN dapat terus melakukan pembinaan kepada para pelaku UMKM agar semakin banyak masyarakat yang terbantu seperti saya,” imbuh Alam.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya