home sulbar

Pelabuhan Silopo Segera Layani Pelayaran Internasional, Begini Persiapan Imigrasi Polman

Jum'at, 24 November 2023 - 11:11 WIB
Imigrasi Polman memastikan kesiapan jelang dimulainya pelayaran internasional di Pelabuhan Tanjung Silopo. Foto/Dok Imigrasi Polman
Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dalam waktu dekat akan melaksanakan pelayaran internasional perdana yang melayani pelaku Perjalanan Luar Negeri. Rencananya akan dibuka rute dari Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polman menuju ke Pelabuhan Lahad Datu Sabah Malaysia.

Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, dan Instansi terkait termasuk dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat (Kanwil Kemenkumham Sulbar).

Salah satu langkah persiapan yang dilakukan dengan menggelar Simulasi Keberangkatan dan Kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar pada Selasa (21/11/2023).

Simulasi dilakukan langsung oleh unsur CIQ-P (Customs, Immigration, Quarantine, Port Authority) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam simulasi ini hadir juga instansi lainnya yaitu Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan ESDM Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Perhubungan Kabupaten Polewali Mandar, Kepolisian Resor Polewali Mandar, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Polewali Mandar, Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Polewali Mandar, serta Pemilik Kapal.

Kegiatan simulasi dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Tanjung Silopo, Irwan Rahman dan dilanjutkan dengan arahan dari Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kabupaten Polewali Mandar, Agusnia Hasan Sulur, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Barat, Herdin Ismail, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Maddareski.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kesiapan dan pandangan dari peserta yang hadir, yang diwakili oleh perwakilan Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju, KPP Bea dan Cukai Tipe Madya C Parepare, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Polewali Mandar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya