Informasi Berlangganan Koran SINDO Makassar

Pelabuhan Silopo Segera Layani Pelayaran Internasional, Begini Persiapan Imigrasi Polman

Tim Sindomakassar
Jum'at, 24 Nov 2023 11:11
Pelabuhan Silopo Segera Layani Pelayaran Internasional, Begini Persiapan Imigrasi Polman
Imigrasi Polman memastikan kesiapan jelang dimulainya pelayaran internasional di Pelabuhan Tanjung Silopo. Foto/Dok Imigrasi Polman
Comments
POLMAN - Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar (Polman) dalam waktu dekat akan melaksanakan pelayaran internasional perdana yang melayani pelaku Perjalanan Luar Negeri. Rencananya akan dibuka rute dari Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polman menuju ke Pelabuhan Lahad Datu Sabah Malaysia.

Persiapan demi persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar, dan Instansi terkait termasuk dari Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polman yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis dibawah Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat (Kanwil Kemenkumham Sulbar).

Salah satu langkah persiapan yang dilakukan dengan menggelar Simulasi Keberangkatan dan Kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Silopo Kabupaten Polewali Mandar pada Selasa (21/11/2023).

Simulasi dilakukan langsung oleh unsur CIQ-P (Customs, Immigration, Quarantine, Port Authority) bersama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat dan Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam simulasi ini hadir juga instansi lainnya yaitu Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan ESDM Kabupaten Polewali Mandar, Dinas Perhubungan Kabupaten Polewali Mandar, Kepolisian Resor Polewali Mandar, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Polewali Mandar, Kejaksaan Negeri Polewali Mandar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Polewali Mandar, serta Pemilik Kapal.

Kegiatan simulasi dibuka secara langsung oleh Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Tanjung Silopo, Irwan Rahman dan dilanjutkan dengan arahan dari Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kabupaten Polewali Mandar, Agusnia Hasan Sulur, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Sulawesi Barat, Herdin Ismail, dan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Barat, Bapak Maddareski.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian kesiapan dan pandangan dari peserta yang hadir, yang diwakili oleh perwakilan Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Mamuju, KPP Bea dan Cukai Tipe Madya C Parepare, Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Makassar, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Badan Narkotika Nasional Kabupaten Polewali Mandar.

Dalam simulasi ini, CIQ-P menyepakati denah awal jalur keberangkatan dan jalur kedatangan serta peraga penumpang dihadirkan dalam simulasi tersebut untuk memberikan gambaran situasi dan alur pemeriksaan penumpang pada pelayaran internasional perdana yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 09 Desember 2023.

Selain itu, dilaksanakan juga pengecekan perangkat, sarana dan prasarana yang dibutuhkan, serta kesiapan dari petugas agar pelaksanaan pemeriksaan saat pelayaran internasional perdana dapat berjalan dengan lancar dan meminimalisir kendala yang mungkin akan terjadi di lapangan.

Plh. Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar, Bramantyo Andhika Putra menyampaikan bahwa perangkat pemeriksaan keimigrasian telah siap untuk dipergunakan pada saat pelayaran internasional perdana di Pelabuhan Tanjung Silopo.

"Kantor Imigrasi Polewali Mandar siap melayani masyarakat secara maksimal dengan adanya pelayaran internasional perdana ini, serta akan berkoordinasi dengan Pimpinan di tingkat Pusat maupun Wilayah terkait kesiapan rencana pelayaran internasional perdana tersebut," ujar Bramantyo.

Pelayaran internasional perdana ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Daerah setempat dengan BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipina - East ASEAN Growth Area) untuk memajukan perekonomian antar Negara anggota yang akan terkoneksi melalui pelabuhan laut. Hal ini sejalan dengan salah satu fungsi Imigrasi yakni sebagai fasilitator pembangunan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, secara terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulbar, Marasidin mendukung sepenuhnya upaya yang dilakukan oleh jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Polewali Mandar dalam simulasi ini.

“Kami jajaran Kanwil Kemenkumham Sulbar mendukung adanya simulasi ini agar dalam pelaksanaan pemeriksaan keimigrasian saat pelayaran internasional perdana di Pelabuhan Tanjung Silopo dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku untuk dapat memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," tutupnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru
Comments