home sulsel

KPPU Temui Bupati Gowa Bahas Peningkatan Pengawasan Kemitraan

Sabtu, 03 Agustus 2024 - 13:31 WIB
Jajaran Pemkab Gowa bersama KPPU berfoto pada Jumat 2 Agustus 2024. Foto: Istimewa
Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) siap memberi pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa dalam menyusunan kebijakan menggunakan Asesmen Kebijakan Persaingan Usaha (AKPU).

Hal tersebut disampaikan Ketua KPPU M Fanshurullah Asa saat bertemu Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan di Kantor Bupati, Jumat kemarin. Pertemuan itu juga dihadiri Anggota KPPU M Noor Rofieq beserta jajaran struktural Kantor Wilayah VI KPPU.

Berdasarkan data dari Kementerian Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah, total pelaku UMKM berjumlah sebanyak 64,2 juta atau 99,99% dari jumlah pelaku usaha di Indonesia.

Menyadari besarnya potensi UMKM tersebut, pemerintah mengambil kebijakan untuk meningkatkan kapasitas usaha mikro dan kecil agar dapat naik kelas menjadi usaha menengah.

Baca juga: Wapres Dukung KPPU Wujudkan Sejuta Penyuluh Kemitraan

Sejalan dengan hal tersebut, KPPU meningkatkan peran dalam pengawasan kemitraan melalui sosialisasi, pendampingan dalam penyusunan kebijakan, serta melalui program Sejuta Penyuluh Kemitraan.

"Dari sisi kebijakan pun KPPU siap untuk melakukan pendampingan bagi Kepala Dinas terkait, dalam penyusunan kebijakan dengan menggunakan AKPU yang juga sudah disinergikan dengan Kemenderian Dalam Negeri," jelas Ketua KPPU.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya