home sulsel

Rektor UIN Alauddin Jelaskan Alasan di Balik SE Pengaturan Penyampaian Aspirasi

Selasa, 06 Agustus 2024 - 15:35 WIB
Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis. Foto: Istimewa
Aksi unjuk rasa mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar memprotes kebijakan rektor yang dianggap membatasi aktivitas mahasiswa berbuntut panjang. Puluhan mahasiswa terpaksa harus diamankan polisi.

Bagaimana tidak, mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa dengan menutup Jalan Sultan Alauddin pada Senin 5 Agustus kemarin. Sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang, dan bahkan aksi itu berujung ricuh saat petugas ingin mengawal mahasiswa agar tetap tertib.

Merespons aksi ujuk rasa itu, Rektor UIN Alauddin Makassar Prof Hamdan Juhannis menjelaskan surat edaran pengaturan penyampaian aspirasi yang dikeluarkan sebenarnya bukan untuk melarang, tapi mengatur mahasiswa agar tertib berunjuk rasa.

"Kenapa harus minta izin untuk unjuk rasa, karena mereka membawa identitas kampus. Kami wajib tahu apa yang mereka aspirasikan, di mana mereka melakukannya, dan seperti apa wujud demonstrasi mereka, karena kalau ada apa-apa yang terjadi dengan mahasiswa, pasti kami yang bertanggungjawab," ujar Rektor, dalam siaran persnya, Selasa (6/8).

Menurut Rektor, hal itu penting dilakukan agar mahasiswa dalam melakukan aksi unjuk rasa tidak lagi meresahkan masyarakat seperti kebanyakan yang terjadi selama ini.

Baca juga: Darmawangsyah Muin Kukuhkan Tim Pemenangan Gowa Berua Tompo Bulu

Sehingga ditegaskannya, bahwa maksud dan tujuan dari surat edaran tersebut yaitu mengembalikan aktivisme kampus dalam koridor yang benar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya