home sulsel

Jubir Andalan Hati: Kolom Kosong di Pilgub, Beda dengan Pilwalkot Makassar

Minggu, 11 Agustus 2024 - 20:19 WIB
Juru Bicara Andalan Hati, Ramli Rahim mengaku rekomendasi untuk Sudirman-Fatma sudah terbit dan diteken, tapi ditangguhkan. Foto: Istimewa
Juru Bicara (Jubir) Andalan Hati, Ramli Rahim mengungkapkan fenomena kolom kosong (koko), jika betul-betul terjadi di Pilgub Sulsel 2024.

Ramli menilai, koko yang sudah terjadi di Pilwalkot Makassar, tak akan sama perlakuannya bila terjadi di Pilgub Sulsel 2024.

"Koko yang terjadi di Makassar, karena ada unsur penzaliman. Ada kandidat yang sudah ditetapkan sebagai calon, tapi belakangan digugurkan," kata Ramli dalam sesi konferensi pers di Posko Pemenangan Andalan Hati, Kompleks Pasar Segar pada Sabtu (10/08/2024).

Saat 2018, pasangan Danny Pomanto-Indira Mulyasari gagal masuk arena Pilwalkot Makassar atas keputusan PTTUN dan dikuatkan putusan MA. Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi alias Appi-Cicu pun melawan kolom kosong.

Ramli menuturkan, sementara Koko jika terjadi di Pilgub, tidak ada penzaliman. Sebab belum ada calon yang ditetapkan KPU. Semuanya masih berproses.

"Selain itu, Koko yang ada di Makassar ialah petahana yang digugurkan. Setelah digugurkan, maka ia kembali menjabat sebagai kepala daerah. Sehingga menguasai infrastruktur," ujar Ramli.

Hasil Pilwalkot Makassar 2018, Koko menang dengan 300.795 suara atau persentase 52,23 persen. Sedangkan Appi-Cicu meraih 264.245 suara atau 46,77 persen.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya