home sulsel

Jaga Ekosistem Laut, SPJM Tanam 45.000 Bibit Mangrove

Selasa, 24 September 2024 - 21:20 WIB
SPJM menggelar kick off penanaman mangrove atau pohon bakau di Desa Borimasunggu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (23/9/2024). Foto/Dok SPJM
PT Pelindo Jasa Maritim (SPJM) berkomitmen menjaga ekosistem laut di Indonesia. Tidak main-main, salah satu subholding Pelindo itu telah menanam 45.000 bibit mangrove sepanjang 2024.

Terbaru, SPJM melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) menggelar kick off penanaman mangrove atau pohon bakau di Desa Borimasunggu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pada Senin (23/9/2024).

Penanaman mangrove ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia oleh Pelindo Grup. Kegiatan positif ini merupakan rangkaian dari perayaan Hari Pelindo ke-3, sekaligus peringatan Hari Maritim Nasional. Juga merupakan wujud kepedulian Pelindo Grup terhadap perlindungan lingkungan hidup melalui konservasi ekosistem mangrove yang sangat vital untuk mengatasi perubahan iklim.

Sekretaris Perusahaan PT Pelindo Jasa Maritim, Tubagus Patrick, menerangkan selain mengurus bisnis, SPJM memiliki komitmen tinggi untuk menjaga lingkungan. Kepedulian itu ditunjukan lewat berbagai program TJSL.

Menurut dia, aksi nyata peduli lingkungan harus digencarkan. Terlebih, sudah dirasakan bersama efek perubahan iklim yang sangat mengkhawatirkan. Perubahan cuaca ekstrem telah terjadi, bahkan suhu udara belakangan sangat terik.

"Beberapa kota di Indonesia menempati posisi tertinggi untuk musim panas terpanjang tahun ini seperti Makassar, Palembang, Bandar Lampung, dan Sumedang. Ini adalah dampak nyata perubahan iklim yang tentunya perlu menjadi perhatian kita semua," kata dia.

Program penanaman mangrove ini juga merupakan realisasi komitmen bersama antara Pelindo dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk program pemenuhan rehabilitasi mangrove nasional. Muaranya untuk mendukung Net Zero Emission.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya