home sulsel

Pemuda Malbar Ingin Kembangkan Integrasi Pertanian dan Peternakan

Senin, 20 Maret 2023 - 19:30 WIB
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani bersama Abdan Baso. Foto: Humas Pemkab Luwu Utara
Sistem pertanian terpadu yang menggabungkan beberapa sektor, seperti pertanian dan peternakan, menjadi sebuah pola integrasi pertanian yang coba dikembangkan oleh seorang pemuda milenial asal Kecamatan Malangke Barat (Malba), Kabupaten Luwu Utara.

Adalah Abdan Baso, pemuda kelahiran Kambisa 28 tahun silam ini, yang mencoba mengembangkan sebuah sistem pertanian–peternakan terintegrasi, dengan memanfaatkan limbah pertanian sebagai pakan untuk ternak, serta limbah peternakan sebagai pupuk organik untuk meningkatkan kesuburan tanah.

“Saya ingin mengembangkan pola integrasi pertanian dan peternakan, utamanya terkait limbah pertanian dan peternakan agar ke depan semua limbah dapat dimanfaatkan, sehingga tak ada lagi limbah yang tidak dimanfaatkan,” tutur Abdan Baso usai Peresmian Rehabilitasi BPP Malangke Barat baru-baru ini, yang juga dihadiri Bupati Luwu Utara.

Baca juga: Kader Posyandu Luwu Utara Harus Jadi Garda Terdepan Pencegahan Stunting

Ia menyebutkan, pola atau sistem pertanian terintegrasi saat ini dinilai sangat menguntungkan masyarakat petani, utamanya pertanian dan peternakan, lebih khusus lagi yang terkait dengan pemanfaatan limbah pertanian dan limbah peternakan.

“Pola integrasi peternakan - pertanian, atau ternak dan tanaman, ini dinilai sangat menguntungkan petani kita karena dapat memanfaatkan limbah pertanian sebagai pakan dan limbah peternakan sebagai pupuk organik,” ucap pria yang akrab disapa Baso.

Alumnus Unhas ini mengungkapkan, ide pengembangan integrasi pertanian – peternakan itu didapatkan usai mengikuti magang selama satu tahun di Jepang pada 2022. Ia magang di Perusahaan Tomioka Egg Farm Hashimotoshi, Prefektur Wakayama, Jepang. Perusahaan di Negeri Matahari Terbit ini bergerak di sektor peternakan ayam.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab luwu utara sektor pertanian
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya