home sulsel

Polipangkep Dorong Peningkatan Produksi dan Keberlanjutan Produk Anggur Laut

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 21:29 WIB
Suasana kegiatan PKM yang dilaksanakan Polipangkep bersama mitra lokal UPR Juku Sulawesi dan KUB Samata. Foto: Istimewa
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan (Polipangkep) bekerja sama mitra lokal UPR Juku Sulawesi dan KUB Samata di Kelurahan Samata, Kabupaten Gowa melaksanakan serangkaian kegiatan PKM.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan upaya mendukung pengembangan sektor perikanan yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Mekanisme pelaksanaan kegiatan diawali dengan survei pemantauan di lokasi mitra kemudian dilanjutkan dengan rapat tim pengabdian bersama mitra. Setelahnya dilakukan pengadaan bahan dan peralatan yang akan dirancang.

Semua bahan dan alat tersebut berasal dan bersumber dari dana bantuan DAPTV Kemdikbudristek. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan rapat persiapan kegiatan pendampingan cara budi daya anggur laut yang baik kepada mitra UPR Juku Sulawesi. Terakhir, pelatihan manajemen usaha kepada mitra KUB Samata.

Release kegiatan dimulai dengan tahapan persiapan pemasangan seluruh peralatan dan bahan inovasi teknologi budi daya yang akan digunakan. Tahapan dilanjutkan dengan kegiatan pendampingan yang dilaksanakan pada Sabtu, 28 September 2024, diikuti Mitra UPR Juku Sulawesi untuk mengetahui cara budi daya anggur laut yang baik sebagai komoditas unggulan.

Acara dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Pengabdian Sulkifli bersama Tim PKM, termasuk tiga mahasiswa Prodi Agribisnis Perikanan yang ikut dalam program MBKM. Sulkifli dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi serta inovasi dan praktik budi daya yang tepat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil budi daya anggur laut.

Budi daya anggur laut memiliki potensi besar terutama sebagai sumber pendapatan baru bagi masyarakat pembudidaya anggur laut. Oleh karena itu diperlukan pendampingan yang tepat agar proses budi daya anggur laut yang baik dapat berjalan secara efisien dan berkelanjutan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya