home sulsel

Penilaian PPD di Gowa Libatkan SKPD hingga Kelompok Masyarakat

Rabu, 29 Maret 2023 - 16:55 WIB
Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Tim Penilai Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2023 melakukan Focus Group Discussion (FGD) sebagai tahap verifikasi penilaian lanjutan, Selasa (28/3/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa ini, menghadirkan sejumlah pimpinan SKPD hingga kelompok masyarakat, mulai dari kelompok perempuan, anak, hingga penyandang disabilitas.

Untuk meraih Penghargaan PPD 2023 oleh Bappenas, indikator penilaian pada PPD yakni meningkatkan kesejahteraan rakyat dengan melihat pertumbuhan ekonomi, pendapatan perkapita, angka pengangguran, kemiskinan, dan ketimpangan, sementara indikator kedua adalah peningkatan pelayanan publik dengan melihat indeks kepuasan masyarakat.

Baca juga: Indeks Pembangunan Manusia di Gowa Naik jadi 70,99 Persen

Tim Penilai Tahap III PPD 2023, Novi menuturkan, pelaksanaan FGD ini bertujuan untuk penilaian tahap final, di mana Kabupaten Gowa satu dari 12 kabupaten di Indonesia yang mencapai tahap III

"Kami perlu melakukan pertemuan atau diskusi karena sebelumnya pada tahap dua bapak bupati beserta jajaran menghadiri tahapan wawancara. Dan hari ini kami akan lakukan konfirmasi dan menggali lebih dalam lagi dari perspektif stakeholder, jadi saat ini stakeholder akan menjawab beberapa pertanyaan dari tim penilai terkait dengan aspek-aspek yang akan dinilai," terangnya di sela-sela pertemuan.

Lanjutnya, pada diskusi ini, tim penilai fokus pada sejumlah aspek yakni proses perencanaan dan pelaksanaan pembangunan di daerah terkait dengan proses penyusunan dokumen RKPD, pencapaian sasaran pembangunan daerah dan inovasi pembangunan yang dikembangkan.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
pemkab gowa
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya