home sulsel

Perdana Digelar di Sorowako, Festival Literasi Dorong Segala Usia Berani Berkarya

Minggu, 14 Mei 2023 - 16:12 WIB
Sorowako Readers & Writers Festival (SRWF), festival literasi pertama di Sorowako ini sukses terselenggara. Berlangsung dua hari di Kopi Api Coffee Roasters 4.0 Dato Tamara. Foto/Istimewa
Sorowako Readers & Writers Festival (SRWF) berhasil terselenggara berkat inisiatif Duta Literasi Sorowako, Hazura Indar Faradiba. Diba-sapaan akrabnya, memanfaatkan Proyek Belajar Mandiri Sekolah Murid Merdeka (SMM), untuk merangkul segala usia terlibat dalam gerakan menghidupkan literasi.

Festival literasi ini berlangsung dua hari di Kopi Api Coffee Roasters 4.0 Dato Tamara, Jumat-Sabtu (12-13/05/2023). Masyarakat dan pemerintah desa menyambut baik, bahkan menginginkan SRWF bisa jadi ajang tahunan di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur.



Baca Juga:SWRF 2023 Siap Digelar, Diisi Workshop Penulisan hingga Literasi Musik

Kepala Desa Sorowako, Jihadin Peruge, mengatakan bangga ada anak muda yang bisa menggagas festival literasi pertama di Sorowako dan menghadirkan pemateri dari luar. Salah satunya adalah penulis serta seniman musik dan puisi, Reda Gaudiamo.

“Perubahan peradaban dimulai dari gerakan-gerakan kecil. Program seperti ini sering dilupakan karena desa fokus pada pembangunan prasarana. Melalui Diba, saya diingatkan pentingnya membangun SDM berkualitas lewat literasi. Saya berharap ada Diba-Diba baru yang hadir di Sorowako dan berani berkarya,” ujar dia.

Acara ini sukses menghimpun guru, pelajar, orang tua, anak-anak, komunitas lokal, dan masyarakat dari berbagai profesi duduk bersama belajar pentingnya melek literasi dalam kehidupan sehari-hari.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Topik Terkait :
literasi sorowako readers and writers festival
Berita Terkait
Berita Lainnya
berita lainnya