home sulsel

Ismail Bachtiar Nilai Jawa Sentris Bukan Lagi Kunci Pemenangan Pilpres

Selasa, 16 Mei 2023 - 08:43 WIB
Anggota DPRD Sulsel, Ismail Bachtiar. Foto: Dok Pribadi Ismail
Politisi milenial PKS Ismail Bahtiar punya pandangan khusus terkait kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) tahun 2024.

Ismail menyampaikan saat ini telah mengurucut pada tiga poros yang akan menghasilkan jagoan masing-masing, pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Prabowo Subianto dan ketiga Ganjar Pranowo.

Ismail menepis wacana yang berkembang bahwa Jawa sentris akan menjadi kunci kemenangan Pilpres. Menurutnya tiga tokoh yang digadang-gadang sebagai kandidat Capres ini semuanya berdarah Jawa.

"Sehingga menurut saya, sesungguhnya kunci kemenangan di Pilpres 2024 adalah yang menggandeng tokoh kawasan Indonesia Timur. Kita ada tokoh seperti Pak Syahrul Yasin Limpo, Andi Amran Sulaiman, Pak Sandiaga Uno dan beberapa tokoh lain," tuturnya.

Baca Juga: 9 Parpol di Sulsel Tak Mampu Lengkapi Berkas Bacaleg di Semua Daerah

Lebih jauh, Bacaleg PKS DPR RI Dapil Sulsel 2 itu menjelaskan bahwa basis Anies, Prabowo dan Ganjar semua terpusat di Jawa, lalu bila mengincar kandidat Cawapres juga berasal dari Jawa kekuatan untuk menang Pilpres agak berat.

"Perlu diketahui bahwa momen-momen politik nasional di Indonesia banyak juga dipengaruhi oleh tokoh dari kawasan Indonesia Timur, contoh paling konkret adalah Pak Jusuf Kalla, beliau dua kali jadi Cawapres dengan Capres yang berbeda bisa memenangkan pertarungan Pilpres," jelas Ismail.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya