home sulsel

KPH Rongkong Gandeng Pemdes Komba & Mahasiswa Tanam Pohon di Lereng Gunung

Rabu, 07 Juni 2023 - 06:14 WIB
Aksi penanaman pohon UPT KPH Rongkong bersama masyarakat sekitar hutan di Desa Komba, Kabupaten Luwu Utara, Senin (5/6/2023). Foto/Dok Pemkab Lutra
UPT KPH Rongkong Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Pemerintah Desa (Pemdes) Komba dan mahasiswa magang MBKM Fahutan Unhas melakukan penanaman pohon bersama masyarakat sekitar hutan di Desa Komba, Kabupaten Luwu Utara, Senin (5/6/2023).

Kegiatan penananam pohon ini dilaksanakan di lereng gunung, tepatnya turus jalan negara ruas Tallang-Sae. Lokasinya dipusatkan di beberapa titik rawan longsor pendakian Desa Komba, Rongkong. Pemilihan lokasi ini menjadi sangat strategis karena Desa Komba terletak di lereng gunung dengan tingkat kerawanan kebencanaan tanah longsor yang masuk kategori sangat tinggi.

Baca Juga:World Environtment Day, DLHK Sulsel Ajak Masyarakat Jaga Lingkungan

Adapun Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang jatuh 5 Juni 2023 ini mengusung tema “Beat Plastic Pollution”. Peserta kegiatan mencapai 80 orang.

Ketua Pelaksana dari Unit Pelaksan Teknis (UPT) Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Unit X Rongkong, Hanna, menyebutkan ada sebanyak 280 bibit pohon yang berhasil ditanam. Terdiri dari 50 bibit pohon uru, 20 bibit pohon langsat, dan 210 bibit pohon cempedak.

“Alhamdulillah, sebanyak 280 bibit berhasil ditanam pada moment peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini,” ungkap Hanna.

Menurut Hanna, pemilihan jenis pohon yang ditanam itu merupakan kombinasi antara pohon proteksi dan pohon produksi yang memiliki perakaran yang sangat dalam, sehingga sangat efektif dalam menahan pergerakan permukaan tanah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya