home sulsel

Silatnas I Wija To Luwu Sepakati 10 Gagasan

Minggu, 02 Juli 2023 - 19:03 WIB
Suasana Silatnas I Wija To Luwu BPP KKLR yang berberlangsung di Kota Palopo 1 dan 2 Juli 2023. Silatnas itu melahirkan 10 gagasan. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
Silaturahmi Nasional (Silatnas) I Wija To Luwu Badan Pengurus Pusat Kerukunan Keluarga Luwu Raya (BPP KKLR) menyepakati 10 gagasan utama demi perkembangan 4 kabupaten dan kota di Tana Luwu.

Selama dua hari kegiatan di Kota Palopo, Sabtu dan Minggu 1-2 Juli, Silatnas I dihadiri ratusan Wija To Luwu. Mereka mengikuti berbagai agenda. Hari pertama, Forum Dialog Masa Depan Luwu, Dialog Forum Bisnis Wija To Luwu, sitammu rupa dan hari kedua jalan sehat lanjut silaturahmi sesi dua sesama Wija To Luwu.

Ketua Pelaksana Nurhan Tabau kepada media menyebutkan, hasil Silatnas I Wija To Luwu, menyepakati atau menghasilkan 10 gagasan yang akan menjadi target BPP KKLR ke depan.

"Ada 10 gagasan yang lahir dan disepakati pada Silatnas I Wija To Luwu KKLR. Pertama tidak lepas dari upaya mengawal terbentuknya Daerah Otonomi Baru atau DOB Provinsi Luwu Raya. Ini menjadi komitmen bersama untuk terus didorong dan dikawal dengan melibatkan komite khusus yang akan dibentuk secepatnya," ujarnya.

Baca juga: Dalam Silatnas KKLR, Aisyah Serukan Pembentukan Luwu Tengah

Kedua, mengawal proses pengurusan pemekaran DOB Luwu Tengah. Ketiga, dalam rangka tersebut, seluruh Wija To Luwu, agar mengambil peran dan berpartisipasi, baik itu pemerintah, ormas, pengusaha, politisi, media massa, LSM, dan mahasiswa.

Selanjutnya, sembari dilakukan percepatan DOB Luwu Tengah dan DOB Provinsi Luwu Raya, dituntut 4 daerah di Luwu Raya, yakni Kabupaten Luwu, Kota Palopo, Luwu Utara dan Luwu Timur, melakukan percepatan pembangunan, kesejahteraan masyarakat dan mitigasi penanganan bencana daerah.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya