home sulsel

Pemkab Gowa Segera Ambil Alih, Jembatan Jenelata Direnovasi 2024

Kamis, 27 Juli 2023 - 18:32 WIB
Pemkab Gowa menargetkan mampu mengambil alih aset Jembatan Jenelata pada tahun ini sehingga bisa melakukan renovasi pada tahun 2024. Foto/Herni Amir
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai mengambil langkah preventif terkait kondisi Jembatan Jenelata di Kecamatan Manuju yang selalu mendapat keluhan dari masyarakat.

Hal ini lantaran kondisi jembatan tersebut rusak dan dinilai berbahaya setelah terdampak banjir bandang 2019 lalu. Sementara, keberadaan jembatan tersebut berada di bawah tanggungjawab Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang.

"Kami mau memperbaiki tapi di sisi lain ini bukan di bawah tanggungjawab kami. Makanya agar kami bisa memperbaiki makanya terlebih dahulu perlu dilakukan pengalihan aset dari BBWS Pompengan Jeneberang ke Pemkab Gowa," kata Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat meninjau kondisi Jembatan Jenelata, Kecamatan Manuju, Rabu (26/7).

Baca Juga:Demi Kelancaran Perbaikan, Pemkab Gowa Bakal Minta Lahan dan 2 Jembatan ke Pompengan

Dalam peninjauan tersebut Bupati Gowa didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Gowa, Rusdi Alimuddin, dan Kepala Badan Pengelolah Keuangan Daerah (BPKD) Abd Karim Dania.

Sebagai rencana awal pengambil alihan aset, rencananya Pemkab Gowa akan berkordinasi dengan BBWS Pompengan Jeneberang terkait langkah-langkah apa yang perlu dilakukan. Pihaknya pun menargetkan tahun ini pengambil alihan aset mulai dapat dilakukan.

"Jembatan Jenelata dan Bendungan Bili-bili itu adalah aset BBWS Pompengan Jeneberang jadi mesti melalui proses penyerahan aset dulu baru bisa kami mulai kerjakan. Tahun ini kami menargetkan untuk pengambil alihan aset dulu," tambah orang nomor satu di Gowa ini.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya