home sulsel

Tuntas Tanpa Utang, Wali Kota Palopo Sebut FKJ Inisiator Sirkuit Ratona

Minggu, 30 Juli 2023 - 20:35 WIB
Ketua IMI Sulsel, Rusdi Masse bersama Wali Kota Palopo, Judas Amir saat meresmikan Sirkuit Ratona Sports. Foto: Chaeruddin
Jelang berakhirnya masa tugas sebagai Wali Kota Palopo, Judas Amir meresmikan beberapa karya monumentalnya.

Teranyar, Wali Kota Palopo dua periode ini meresmikan Sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) yang merupakan sirkuit balap motor terbaik di Indonesia. Sebelumnya, ia juga sudah meresmikan Mall Of Palopo (MOP) atau pusat kuliner dan cinderamata.

Kedua mahakarya Judas Amir selama memimpin Kota Palopo ini dibangun dengan menggunakan anggaran APBD murni, dengan skema pembangunan proyek multi years atau tahun jamak. Ia mengungkapkan, awalnya ia pesimis anggaran ABPD Kota Palopo dapat digunakan untuk membangun proyek besar di wilayahnya.

Keputusan membatalkan pinjaman ke SMI diambil Wali Kota usai mendengar masukan dan saran dari jajarannya di Pemkot Palopo. Salah satu pejabat yang memberikan masukan menolak pembangunan menggunakan dana pinjaman adalah H Farid Kasim Judas (FKJ) yang saat ini menjabat sebagai Staf Ahli Wali Kota Bidang Hukum, Pemerintahan dan Politik.

Baca Juga: DPRD Palopo Rancang Perda Bahasa Luwu dengan Kedatuan Luwu

Hal itu diungkap Wali Kota dalam sambutannya sebelum meresmikan sirkuit Ratona Motor Sport (RMS) Palopo, Sabtu (29/7) malam. Menurut Judas, FKJ memberikan masukan kepada dirinya, untuk tidak melakukan pinjaman untuk membangun Mall of Palopo dan Sirkuit RMS.

"Awalnya saya mau bangun Mall dengan menggunakan dana pinjaman dari SMI. Tapi Farid (FKJ) menyampaikan kepada saya, tidak usah pakai dana pinjaman. Karena menurut Farid itu akan meninggalkan beban utang bagi Kota Palopo dimasa mendatang," ungkapnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya