home sulsel

Resmikan Lintasan Baru Uji Praktik SIM C, Kapolres Wajo Harap Tingkat Kelulusan Meningkat

Kamis, 10 Agustus 2023 - 21:18 WIB
Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman mencoba lintasan S yang dipakai dalam ujian praktik SIM C di Kabupaten Wajo, Kamis (10/8/2023). Foto/Reza Pahlevi
Kapolres Wajo, AKBP Fatchur Rochman, mesmikan lintasan ujian praktik SIM C yang berada di pelataran kantor Satuan Lalu Lintas (Satlantas) di Jalan Andi Pallawarukka, Kota Sengkang, Kecamatan Tempe, Kabupaten Wajo, Kamis (10/8/2023).

Menurut Kapolres Wajo, lintasan berbentuk huruf S ini dipercaya lebih mempermudah masyarakat dalam praktik ujian SIM C. Pada trek ujian praktik yang baru ini, pemohon SIM C diminta melintas dengan kecepatan minimal 30 kilometer per jam, di antaranya terdapat rambu "U-Turn" atau menikung.

Baca Juga:Antisipasi Distribusi Solar Ilegal, Polres Wajo Perketat Penjagaan di Perbatasan

Selain itu juga terdapat lintasan untuk menguji refleks pemohon SIM C untuk mengerem atau menghentikan kendaraan, serta merespons bahaya agar menghindar ke arah kiri atau kanan.

"Tentu dengan perubahan lintasan ujian praktik SIM C berbentuk S diharapkan tingkat kelulusan masyarakat yang mengajukan permohonan pembuatan SIM dapat meningkat," ujarnya kepada SINDO Makassar.

Perubahan lintasan dari angka delapan dan zig-zag menjadi lintasan S berpedoman dengan instruksi Kapolri agar ada perubahan medan lintasan dalam lintasan ujian praktik SIM C. "Sesuai dengan instruksi Kapolri, maka medan lintasan praktek lintasan kita ubah," katanya.

Lintasan baru ujian praktik SIM C mendapat respon positif dari masyarakat di Kabupaten Wajo. Salah seorang warga yang ikut mencoba lintasan S saat uji praktek SIM C, Eki, mengakui jika lintasan ini lebih mudah dibandingkan dengan dengan lintasan yang lama yang berbentuk angka delapan dan zig-zag.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya