home sulsel

Siap Sukseskan SKI 2023, Pemkab Gowa Turunkan Tim Pendamping Lapangan

Minggu, 13 Agustus 2023 - 19:20 WIB
Pemerintah Kabupaten Gowa siap menyukseskan pelaksanaan Survey Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan. Foto: Istimewa
Pemerintah Kabupaten Gowa siap menyukseskan pelaksanaan Survey Kesehatan Indonesia (SKI) 2023, yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Gowa, Sofyan Daud, saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan Lapangan SKI 2023 di Ruang Rapat Kantor DPPKB Kabupaten Gowa, Jumat (11/08/23) lalu.

Baca Juga: Ribuan Masyarakat Ramaikan Jalan Santai Peringatan HUT RI di Kabupaten Gowa

Survei Kesehatan Dasar atau lebih dikenal dengan nama Riskesdas (Riset kesehatan Dasar) di tahun 2023 telah memasuki periode ke empat. SKI merupakan kegiatan survei berkala yang dilakukan untuk mengevaluasi hasil pembangunan kesehatan melalui berbagai indikator kesehatan masyarakat sebagaimana telah diamanahkan dalam RPJMN. Selain itu, SKI juga memiliki fungsi sebagai dasar dalam perencanaan pembangunan kesehatan berikutnya.

“Terbitnya Perpres 72 tentang Percepatan Penurunan Stunting dan Perban BKKBN No 12 Tahun 2021 tentang RAN PASTI telah mengamanatkan Kita untuk mempercepat penurunan Stunting. Pelaksanaan SKI ini menjadi alat mengukur kinerja kita dalam penurunan stunting, apakah program dan kebijakan yang dilaksanakan sudah tepat dan berhasil atau tidak," ujar Sofyan Daud.

Lebih lanjut, Sofyan Daud menyebutkan bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Gowa dalam mengawal pelaksanaan SKI 2023 dengan menerbitkan Surat Edaran Sekretaris Daerah terkait dukungan pelaksanaan SKI, dimana surat edaran ini memuat himbauan kepada seluruh Camat, Kepala Desa dan Lurah mempersiapkan lapangan dan melakukan pendampingan kepada tim survey.

“Pemerintah Daerah sangat serius mengawal pelaksanaan SKI ini, peran Kita adalah bagaimana memastikan semua keluarga yang menjadi sampling terdata dan ada di lokasi atau ada di rumah saat saat dilakukan survey, khusunya keluarga yang memiliki balita sehingga dapat diukur tinggi badan dan panjang badannya oleh tim survey," katanya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya