home sulsel

Antisipasi Dampak El Nino, Pemkab Soppeng Bentuk Posko Siaga Bencana

Kamis, 24 Agustus 2023 - 19:13 WIB
Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak saat menggelar pertemuan mengantisipasi Cuaca ekstrem El Nino di wilayah Kabupaten Soppeng. Foto/Reza Pahlevi
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng terus mempersiapkan diri untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem El Nino atau fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML). Salah satunya berupa rencana membuat posko siaga bencana.

Hal itu disampaikan Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak saat menggelar pertemuan mengantisipasi Cuaca ekstrem El Nino di wilayah Kabupaten Soppeng, Kamis (24/8/2023).

Menurutnya, salah satu dampak serius yang ditimbulkan dari cuaca ekstrem El Nino yakni berkurangnya curah hujan di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Akibatnya ekonomi masyarakat di sektor pertanian terancam gagal panen akibat kekeringan sehingga harga bahan pokok di pasaran akan merangsek naik.

"Ketersediaan air bersih dan ancaman gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) juga akan berdampak akibat cuaca ekstrim El Nino," ujarnya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Andi Kaswadi meminta kepada semua pihak agar memperkuat sinergitas bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk segera membentuk posko siaga bencana Yassisoppengi.

Tidak hanya itu, Pemerintah juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar hasil yang ada saat ini tidak dijual semua sehingga dapat disimpan sebagai stok pangan rumah tangga.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya