home sulsel

One Click Pengelolaan Arsip Berbasis Digital, Semua Jadi Cepat

Rabu, 18 Oktober 2023 - 14:00 WIB
Prasetiani Gautama memperkenalkan One Click, aksi perubahannya kepada Kepala Bappelitbangda, Moh Arsal Arsyad. Foto: SINDO Makassar/Chaeruddin
33 peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas atau PKP (Latpim IV) Angkatan XIII Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu, masing-masing memberikan inovasi terbarunya.

Inovasi ini merupakan karya anak bangsa di bidang pemerintahan yang bertujuan memajukan kualitas pelayanan baik di lingkungan pemerintahan itu sendiri maupun ke masyarakat.

One Click, satu di antara 33 inovasi tersebut. One Click merupakan inovasi berbasis digitalisasi yang mempermudah dan mempercepat proses pengarsipan atau pun akses pencarian arsip pemerintah daerah.

"Judul proyek perubahan saya One Click yakni pengelolaan arsip berbasis digital. Tujuan, melayani tersedianya arsip secara digital di mana mentransformasi semua surat , data kepegawaian dan arsip dari semua bidang bidang dalam bentuk digital, baik data yang masuk maupun keluar," ujar Prasetiani Gautama.

"Sehingga semua pengarsipan dokumen maupun persuratan tertata dengan baik, dimana dokumen dapat dibuat, dimodifikasi dan dikelola secara paralel, sehingga tidak ada lagi dokumen kertas yang dipindahkan kesana kemari," lanjutnya.

ASN yang akrab disapa Bu Tia ini lebih jauh menjelaskan, dengan penyimpanan melalui sistem cloud storage ini pengelolaan dapat tertata lewat pengelompokan folder.

Tersusunnya dokumen perencanaan secara sistematis, pencarian praktis dengan pemberian nama dokumen, kemudahan berbagi akses untuk pelayanan optimal, dan lebih efisien karena ruang penyimpanan besar.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya