home sulsel

Basmin Audiensi Perkembangan Industri Pertambangan di Luwu

Selasa, 21 November 2023 - 11:04 WIB
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang, audience dengan Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Foto: Chaeruddin
Bupati Luwu, H Basmin Mattayang melakukan audiensi dengan Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, Senin (20/11). Ia bersama rombongan diterima di ruang kerja Gubernur Sulsel, sore hingga malam hari.

Kepada Gubernur, Basmin Mattayang melaporkan perkembangan pembangunan dua industri di Kabupaten Luwu hingga November 2023, yakni tambang emas milik PT Masmindo Dwi Area dan smelter PT Bumi Mineral Sulawesi (BMS).

Di kesempatan ini, Basmin juga meminta arahan dan dukungan gubernur akan perkembangan investasi di Luwu. Dengan harapan, Masmindo dan BMS segera beroperasi sesuai target kedua perusahaan tersebut.

"Kami laporkan Pak Gubernur, PT Masmindo saat ini sudah hampir selesai tahap pembebasan lahan tumbuh masyarakat. Sehingga tahun depan dipastikan sudah memulai tahap konstruksi atau pembangunan pabrik," ujarnya.

Basmin mengatakan, masa konstruksi pabrik pengolahan emas PT Masmindo memakan waktu selama 2 tahun. "Targetnya 2 tahun untuk masa konstruksi, sehingga 2025 mendatang, PT Masmindo mulai melaksanakan eksploitasi atau penambangan," paparnya.

"Olehnya itu, kami berharap dukungan dari Bapak Gubernur, dalam rangka percepatan investasi di Kabupaten Luwu," lanjutnya.

Dilaporkan pula, Pemkab Luwu sendiri guna mendukung percepatan investasi di wilayah mereka. Bupati Luwu, telah membentuk Tim Satgas Percepatan Investasi Daerah yang diketuai Sekda Luwu, sesuai arahan dari pemerintah pusat.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya