home sulsel

Palopo Miliki Kampung Siaga Bencana Pertama di Indonesia

Jum'at, 23 Februari 2024 - 09:30 WIB
Zulkifli Halid, membuka sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kantor Lurah Maroangin, Kecamatan Telluwanua. Foto: Chaeruddin.
Kepala Dinas Sosial Kota Palopo, Zulkifli Halid membuka sosialisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kantor Lurah Maroangin, Kecamatan Telluwanua, Kamis (22/02/2024).

Pembentukan KSB di Kecamatan Telluwanua, menjadi yang pertama di Indonesia dan hanya ada dua daerah di Sulsel yakni, di Kota Palopo dan Kabupaten Pangkep.

Camat Telluwanua, Erick K Siga menyampaikan, selamat datang kepada rombongan tim dari Kementerian Sosial RI dan Dinas Sosial Pemprov Sulsel.

"Kami berterima kasih atas dipilih dan ditunjuknya Kecamatan Telluwanua menjadi tempat pembentukan Kampung Siaga Bencana Kementerian Sosial," kata Erick.

Erick menambahkan, wilayah di Kecamatan Telluwanua ada yang menjadi langganan banjir, namun pihaknya tidak ingin lagi disebut kecamatan rawan bencana.

Sementara itu, Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Pemprov Sulsel Herman, mengungkapkan, agar patut berbangga bahwa Kampung Siaga Bencana ini pertama dilakukan di Indonesia.

"Itu artinya apa? Itu mengartikan bahwa kepercayaan Kementerian Sosial kepada Pemkab Pangkep dan Pemkot Palopo begitu besar, sehingga menempatkan kegiatan ini di daerah kita, kemudian yang menjadi pertama kali pula di seluruh Indonesia," ungkap Herman.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya