home sulsel

Soal Unsur Pimpinan DPRD, PKB Sulsel Tak Kirim Nama Tunggal

Rabu, 20 Maret 2024 - 12:44 WIB
Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad saat menggelar buka puasa bersama di kediamannya. Foto: IST
PKB punya mekanisme khusus dalam penentuan unsur pimpinan DPRD. Mereka tak akan mengirim nama tunggal atau satu nama ke DPP.

Hasil Pileg 2024, PKB mengunci 6 unsur pimpinan DPRD di Sulsel. Diantaranya Wakil Ketua di DPRD Provinsi, Bulukumba, Wajo, Bone dan Jeneponto dan satu Ketua DPRD di Takalar.

"Penentuan itu nanti diusulkan oleh kabupaten dan provinsi 2-3 nama berdasarkan kriteria. Setelah itu DPW akan merekomendasikan ke Jakarta," kata Ketua DPW PKB Sulsel, Azhar Arsyad.

"Kemudian Jakarta akan melakukan UKK, Uji Kelayakan dan Kepatutan. Siapapun nama yang keluar dari Jakarta, itulah (yang terpilih) karena tanda tangan DPP," sambung Azhar.

PKB memberi sinyal tidak mengirim nama tunggal. Soal kapan pengusulan itu dilakukan, Azhar menunggu jadwal dan arahan dari DPP.

"Dua atau tiga nama di kirim ke Jakarta. Kita menunggu Jakarta (DPP) kapan akan UKK. Semua ber peluang. Semua kader terpilih Caleg PKB berpeluang jadi pimpinan," tegas Azhar.

Ketua DPC PKB Bulukumba, Fahidin HDK mengungkapkan proses penentuan unsur pimpinan berasal di bawah. Nantinya DPC akan mengusulkan sejumlah nama ke DPP melalui DPW.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya