UC Makassar Menggelar Pengabdian Masyarakat di Rumah Sekolah Cendekia
Agus Nyomba
Rabu, 05 Juni 2024 - 12:00 WIB
Universitas Ciputra Kampus Kota Makassar, khususnya Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV), menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Rumah Sekolah Cendekia Kabupaten Gowa.
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Mei 2024 dengan tema "Pengenalan Media Edu-game Flashcard dalam Pembelajaran Aksara Lontara".
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Perda Provinsi Sulsel No 5 Tahun 2023 tentang Literasi Aksara Lontaraq dan pengesahan Perda Kabupaten Gowa mengenai kewajiban penerapan huruf Lontara di sekolah.
Kerja sama antara Universitas Ciputra Makassar dan Sekolah Cendekia Kabupaten Gowa memungkinkan terselenggaranya acara ini. Media Edu-game yang diperkenalkan berupa permainan kartu (flashcard), dirancang oleh dosen-dosen DKV Universitas Ciputra berdasarkan penelitian sebelumnya.
Flashcard ini bertujuan untuk mengajak siswa mengenal aksara Lontara dengan cara yang lebih menyenangkan. Kegiatan ini mencakup sesi storytelling dan permainan kelompok dengan bimbingan dari guru Sekolah Cendekia serta mahasiswa dan dosen dari DKV Universitas Ciputra. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 2, 3, dan 4.
Impu, Kepala Sekolah Rumah Sekolah Cendekia, menyatakan bahwa antusiasme siswa dalam kegiatan tersebut menunjukkan bahwa game ini adalah terobosan baru yang menyenangkan dalam pembelajaran aksara Lontara di sekolah.
"Game ini dapat menjadi opsi pengganti media pembelajaran aksara yang masih konvensional," ujar Pak Impu.
Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 30 Mei 2024 dengan tema "Pengenalan Media Edu-game Flashcard dalam Pembelajaran Aksara Lontara".
Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mendukung Perda Provinsi Sulsel No 5 Tahun 2023 tentang Literasi Aksara Lontaraq dan pengesahan Perda Kabupaten Gowa mengenai kewajiban penerapan huruf Lontara di sekolah.
Kerja sama antara Universitas Ciputra Makassar dan Sekolah Cendekia Kabupaten Gowa memungkinkan terselenggaranya acara ini. Media Edu-game yang diperkenalkan berupa permainan kartu (flashcard), dirancang oleh dosen-dosen DKV Universitas Ciputra berdasarkan penelitian sebelumnya.
Flashcard ini bertujuan untuk mengajak siswa mengenal aksara Lontara dengan cara yang lebih menyenangkan. Kegiatan ini mencakup sesi storytelling dan permainan kelompok dengan bimbingan dari guru Sekolah Cendekia serta mahasiswa dan dosen dari DKV Universitas Ciputra. Peserta kegiatan adalah siswa kelas 2, 3, dan 4.
Impu, Kepala Sekolah Rumah Sekolah Cendekia, menyatakan bahwa antusiasme siswa dalam kegiatan tersebut menunjukkan bahwa game ini adalah terobosan baru yang menyenangkan dalam pembelajaran aksara Lontara di sekolah.
"Game ini dapat menjadi opsi pengganti media pembelajaran aksara yang masih konvensional," ujar Pak Impu.