home sulsel

Terbaik di Sulsel! Lutra Sukses Turunkan Prevalensi Stunting 14,3% pada 2023

Jum'at, 14 Juni 2024 - 13:17 WIB
Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, dan Kepala BKKBN dokter Hasto Wardoyo pada Rapat Koordinasi TPPS Kabupaten Lutra di kantor bupati, Kamis (13/6/2024) lalu. Foto/Istimewa
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara (Lutra) sukses menurunkan angka prevalensi stunting secara signifikan pada 2023. Dari sebelumnya 29,8% menjadi 15,5% atau turun 14,3%. Capaian itu merupakan yang terbaik sekaligus penurunan angka stunting terbesar di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Torehan prestasi itu disampaikan oleh Bupati Lutra, Indah Putri Indriani, pada Rapat Koordinasi Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Lutra di kantornya, Kamis (13/6/2024) lalu. Hadir sekitar 200 peserta, yang terdiri dari unsur forkompinda, jajaran pemda lutar, satgas stunting, PKB, PLKB, dan Tim Pendamping Keluarga (TPK).

Kabupaten terluas di Sulsel ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 333.127 jiwa, dengan jumlah Keluarga Risiko Stunting (KRS) sebanyak 11.666 keluarga. "Kalau kita lihat perkembangan kasus stunting di Lutra, dari data SSGI atau SKI ada peningkatan signifikan pada tahun 2022. Kaget semuanya ternyata meningkat tajam banget, lalu kami gerakkan semuanya, ngeroyok, sehingga tahun 2023 di bawah rata-rata nasional dan provinsi," ujar Bupati Indah.

Kunci sukses yang digunakan oleh Lutra dalam mencapai keberhasilan tersebut tidak lain adalah kuatnya komitmen dan konsistensi. "Kalau komitmen saya yakin semua kabupaten/kota mempunyai komitmen yang kuat, tapi kadang konsistennya kurang. Saya kira ini kunci dari bergeraknya seluruh elemen," kata Bupati Indah.

Bahkan dirinya turun langsung ke setiap kecamatan. Selain itu, juga terdapat konvergensi anggaran dari APBD, Bapak Asuh dan Bunda Asuh Anak Stunting (BAAS), serta melibatkan komponen lain untuk mengambil bagian.

"Terdapat dukungan dari TNI dan POLRI, bahkan beberapa waktu yang lalu Babinsa kami mendapatkan penghargaan tingkat nasional," tukas bupati perempuan pertama di Sulsel itu.

Terkait kenaikan stunting yang tajam pada 2022, Bupati Indah melakukan penelurusan tentang penyebabnya. Hasilnya, pihaknya melihat permasalahan stunting ada di Sumber Daya Manusia. "Ini menjadi komitmen bagi kami untuk terus mengedukasi, melakukan pemberdayaan, pengembangan kapasitas dan kompetensi," ungkapnya.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya