home sulsel

Masa Jabatan 66 Kepala Desa di Kabupaten Gowa Diperpanjang

Rabu, 24 Juli 2024 - 16:37 WIB
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf Malaganni mengukuhkan kepala desa yang mendapat perpanjangan masa jabatan dua tahun, Rabu (24/7/2024). Foto: SINDO Makassar/Herni Amir
Sebanyak 66 kepala desa di Kabupaten Gowa mendapat perpanjangan masa jabatan selama dua tahun. Dari enam tahun kini menjadi delapan tahun.

Pengukuhan perpanjangan masa jabatan itu dilakukan oleh Wakil Bupati Gowa Abdul Rauf Malaganni di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (24/7/2024).

Dalam sambutannya, Abdul Rauf mengatakan, pengukuhan ini merupakan implementasi dari penetapan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Dalam undang-undang tersebut telah ditetapkan adanya perpanjangan masa jabatan Kepala Desa dan Anggota BPD selama 2 tahun.

“Pengukuhan perpanjangan masa jabatan ini dapat menjadi suntikan semangat bagi saudara dalam memajukan desa masing-masing yang pada muaranya dapat mendukung kemajuan Kabupaten Gowa,” ungkapnya.

Ia juga menitipkan tiga pesan kepada kepala desa yang telah di kukuhkan. Pertama, kepala desa harus mampu memahami aturan pengelolaan keuangan desa yang transparan, partisipatif, efektif dan efisien serta menjaga etika dan menghindari permasalahan hukum di masyarakat.

Kedua, kepala desa harus mampu mewujudkan komitmennya dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan pembangunan kepada masyarakat. Ketiga, kepala desa harus aktif membangun koordinasi dan bersinergi dengan baik bersama perangkat desa dan lembaga kemasyarakatan desa.
Baca Selanjutnya
Bagikan artikel ini:
Berita Lainnya
berita lainnya