Kalla Toyota Resmi Memperkenalkan All New Agya di Sulsel

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 15 Mar 2023 17:28
Kalla Toyota Resmi Memperkenalkan All New Agya di Sulsel
Kalla Toyota resmi meluncurkan All New Agya dan All New Agya GR Sport di Atrium Mal Ratu Indah, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu (15/3/2023). Foto/Dok Kalla Toyota
Comment
Share
MAKASSAR - Kalla Toyota resmi meluncurkan All New Agya dan All New Agya GR Sport di Atrium Mal Ratu Indah, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu (15/3/2023). Launching mobil tipe terbaru Toyota itu cukup istimewa, karena dihadiri langsung oleh President Director Toyota Astra Motor, Hiroyoki Ueda dan Presiden Direktur Kalla Group, Solihin Kalla.

Chief Executive Officer (CEO) Kalla Toyota, Hariyadi Kaimuddin, menyampaikan kehadiran dua pimpinan itu tentunya sangat istimewa, sekaligus membanggakan. Terlebih, kedatangan President Director Toyota Astra Motor merupakan yang pertama untuk peluncuran mobil Toyota di luar Pulau Jawa.



Hariyadi menyebut mobil tipe Agya sendiri merupakan salah satu andalan dari Toyota maupun Kalla Toyota. Sejak generasi pertama mengaspal sekitar satu dekade lalu, total sudah puluhan ribu unit yang terjual. Mobil tipe Agya salah satu kendaraan yang paling laris manis.

"Ini produk andalan, generasi pertama sejak 2013 kurang lebih yang terjual lebih dari 20 ribu unit. Ini salah satu the best selling model di Toyota," kata dia.

Secara umum, Kalla Toyota konsisten menguasai pangsa pasar otomotif di wilayah penjualannya, meliputi Sulsel, Sulbar, Sultra, dan Sulteng. Sepanjang 2022, pihaknya menjual kurang lebih 21.227 unit, dengan market share mencapai 35,5 persen.

Khusus untuk tipe Agya, sejak pertama kali diluncurkan pada 2013 silam hingga Februari 2023, Kalla Toyota telah membukukan 25.191 unit penjualan. Kalla Toyota mencatat capaian market share Toyota Agya mencapai 30,6 persen sepanjang 2022 lalu.

"Toyota Agya yang berasal segmen Compact Entry memberikan kontribusi 11 perse dari total market penjualan 2022. All New Agya hadir dengan platform baru dengan mesin, transmisi, dan suspensi yang baru. Walaupun All-New Agya merupakan model entry level, namun mampu menghadirkan sensasi berkendara yang lebih responsif, stabil dan effortless," paparnya.

Hariyadi menyebut kehadiran All New Agya, termasuk All New Agya GR Sport tentunya menambah amunisi bagi Kalla Toyota untuk memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar otomotif. Terlebih, mobil-mobil Toyota hadir menjawab kebutuhan masyarakat, termasuk dengan tipe terbaru Agya.



"Ini kami dapat senjata baru lagi untuk memperkuat Dominasi Kalla Toyota untuk penjualan. Kehadirannya menjawab kebutuhan masyarakat, bisa dilihat penyegarannya cukup menarik, bisa dilihat untuk (tipe) GR lebih sporty dan handling lebih enak," tuturnya.

Secara keseluruhan, terdapat lima tipe All New Agya dan All New Agya GR Sport. Terdiri atas All New Agya E M/T, All New Agya G M/T, All New Agya G CVT, All New Agya GR Sport M/T, dan All New Agya GR Sport CVT, disertai ada dua pilihan warna one tone dan dual tone.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru