Catat! Ini 5 Standar Safety Riding saat Berkendara di Jalan Raya

Tri Yari Kurniawan
Sabtu, 13 Jul 2024 19:23
Catat! Ini 5 Standar Safety Riding saat Berkendara di Jalan Raya
Astra Motor Sulawesi Selatan memberikan edukasi safety riding kepada pelajar SMK Nasional Makassar, belum lama ini. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Astra Motor Sulawesi Selatan (Asmo Sulsel) selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, semakin menguatkan komitmen untuk menumbuhkan Generasi #Cari_Aman kepada pelajar melalui edukasi safety riding secara rutin dan menyeluruh.

Kali ini, Astra Motor Sulawesi Selatan memberikan edukasi safety riding kepada pelajar SMK Nasional Makassar. Kegiatan edukasi safety riding dikemas dengan atraktif. Pelajar SMK Nasional Makassar mendapatkan materi #Cari_Aman langsung dari Instruktur Safety Riding Astra Motor Sulawesi Selatan, Wanny.

Dalam kegiatan edukasi safety riding tersebut, Wanny memaparkan materi soal keselamatan berkendara di jalan raya. Setidaknya, ada lima standar safety riding yang perlu diketahui dan dipenuhi pelajar saat berkendara dengan sepeda motor di jalan raya.

Pertama, menggunakan perlengkapan safety riding, mulai dari helm SNI, celana panjang, sampai sepatu. Kedua, membawa surat-surat kendaraan lengkap. Kemudian, Wanny juga menekankan bahwa pengendara harus memprioritaskan pejalan kaki, terutama saat akan melintasi zebra cross harus mengurangi kecepatan.

Adapun standar safety riding keempat yakni mematuhi dan menaati peraturan lalu lintas. Menaati peraturan lalu lintas, kata Wanny, bukan untuk terhindar dari hukuman dan sanksi, tetapi melindungi diri sendiri dan pengendara lain di jalan raya.

Terakhir, Wanny mengatakan bahwa standar safety riding terakhir adalah memastikan kendaraan maupun perlengkapan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Wanny menyatakan, jika standar safety riding diterapkan, pelajar akan aman dan nyaman selama berkendara.

"Kami berkomitmen menumbuhkan Generasi #Cari_Aman. Hal itu karena generasi muda bisa menjadi bagian aktif dari upaya konstruktif mengedukasi keselamatan berkendara. Mereka tentu harus mendapatkan bekal kompetensi dan keterampilan yang teruji,” ucap Wanny.

Wanny beraharap edukasi safety riding dapat membuat para pelajar memiliki keterampilan berkendara yang komprehensif. Tidak lupa, ia juga meminta kepada pelajar yang mendapatkan edukasi secara langsung dapat meneruskannya kepada masyarakat, khususnya lingkungan terkecil seperti keluarga.

"Pesan tentang keselamatan berkendara dan Bangga Menjadi Generasi Cari_Aman terus kami sampaikan kepada generasi muda. Pelajar ini dapat menjadi agent of change dalam menularkan semangat safety riding demi mewujudkan Safety Indonesia," tuturnya.

Edukasi safety riding di SMK Nasional semakin komprehensif dengan pemaparan materi mengenai cara menangkal hoaks dari para jurnalis di Makassar. Marketing Manajer Astra Motor SulSelBar Kresna Murti menuturkan, edukasi terkait hoaks ini bertujuan agar para pelajar dapat bermedia sosial dengan baik dan bijak.

"Edukasi dari rekan-rekan jurnalis ini menjadi komitmen bersama antara Astra Motor Sulawesi Selatan dan jurnalis untuk sama-sama melakukan literasi digital kepada para pelajar. Ini juga merupakan semangat Sinergi Bagi Negeri, agar para pelajar ini dapat mencegah hoaks yang berpotensi merusak ketenteraman, keamanan, dan kondusivitas," ucapnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru