Paslon AMAN Siapkan 3 Program Air Bersih untuk Atasi Krisis Air di Makassar

Tim Sindomakassar
Kamis, 26 Sep 2024 15:28
Paslon AMAN Siapkan 3 Program Air Bersih untuk Atasi Krisis Air di Makassar
Pasangan Amri Arsyid - Abdul Rahman Bando yakni mengatasi krisis air bersih yang terjadi di Kota Makassar setiap tahun. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Salah satu program unggulan pasangan Calon Wali kota dan Wakil Wali kota Makassar, Amri Arsyid - Abdul Rahman Bando yakni mengatasi krisis air bersih yang terjadi di Kota Makassar setiap tahun.

Juru bicara tim pemenangan AMAN, Yeni Rahman mengatakan, air menjadi kebutuhan utama masyarakat yang harus dipenuhi. Karena itu pasangan Amri - Rahman yang akan bertarung pada Pilwali Makassar, berkomitmen untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

Yeni menyebut, salah satu program AMAN untuk mengatasi krisis air bersih di Kota Makassar yakni dengan menentukan titik-titik air yang bisa dikelolah untuk pengadaan sumur bor.

"Di beberapa kecamatan di Kota Makassar yang sulit air sudah kita tinjau dan ada warga yang membuat sumur bor sendiri, tetapi mata airnya memang ditemukan cukup dalam, dan itu membutuhkan biaya yang terbilang mahal untuk kelas pribadi, tapi bagi pemerintah saya kira itu anggaran yang bisa ditangani," katanya pada Kamis (26/09/2024).



Selain itu, cara lain yang bisa dilakukan kedepannya adalah dengan membuat pengelolaan air banjir menjadi air bersih yang bisa digunakan warga saat musim kemarau tiba.

"Kedepan kita akan lakukan kajian mendalam, air banjir harusnya bisa dimanfaatkan, diolah dan disimpan untuk bisa digunakan. Karena dibeberapa daerah sudah dilakukan, salah satunya di daerah Kalimantan," lanjutnya.

Pasangan dengan tagline "MakassarAMAN" itu juga memberikan perhatian khusus untuk pengadaan kebutuhan air bersih masyarakat Kota Makassar yang tinggal di pulau.

"Masyarakat yang tinggal di pulau juga harus diperhatikan, karna selama ini mereka terkesan seperti anak tiri. Pulau juga adalah bagian dari Makassar sehingga kebutuhan mereka harus kita perhatikan, yakni airnya," tambah Yeni.

Makassar memiliki Kecamatan Sangkarrang yang letaknya ada di pulau, atau wilayah daratannya terpisah dari Kota Makassar. Menurut Yeni, masyarakat di kecamatan tersebut juga berhak mendapatkan air bersih.

"Kalau kita liat visi misi paslon aman disampaikan kalau untuk pulau penyulingan air. Memang kendalanya terkait alat yang memang untuk pengadaannya membutuhkan anggaran khusus tapi semua itu akan kita laksanakan bersama," terangnya.



Yeni Rahman menegaskan beberapa program yang disebutkan tersebut tidak muluk-muluk, program ini sesuai dengan tagline pasangan AMAN di Pilkada 2024 "kerja sesuai yang rakyat butuhkan".

Sebelumnya, berdasarkan data PDAM Kota Makassar, setidaknya ada 8 kecamatan di Makassar yang selalu mengalami krisis air bersih dampak dari kekeringan akibat kemarau. Delapan kecamatan tersebut ialah, Kecamatan Tallo, Ujung Tanah, Wajo, Bontoala, Tamalanrea, Biringkanaya, Panakkukang dan Makassar.
(UMI)
Berita Terkait
Berita Terbaru