Vihara Girinaga Cetak 2 Rekor MURI pada Vesak Goes to Mall

Tri Yari Kurniawan
Senin, 03 Jun 2024 20:51
Vihara Girinaga Cetak 2 Rekor MURI pada Vesak Goes to Mall
Aksi melukis tas daur ulang dengan peserta pelajar terbanyak menjadi satu dari dua rekor MURI yang dicatatkan Vihara Girinaga Makassar. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Vihara Girinaga Makassar sukses mencetak dua rekor Museum Rekor Dunia Indonesia atau MURI pada gelaran Vesak Goes to Mall di TSM Makassar rentang 30 Mei-2 Juni 2024 lalu. Masing-masing patung rupang Buddha indoor tertinggi dan melukis tas daur ulang oleh pelajar terbanyak se-Indonesia.

Pencatatan dua rekor itu dilakukan MURI melalui perwakilannya yakni Senior Customer Relations Manager Andre Purwandono di Atrium TSM Makassar, Minggu (2/6/2024).

"Dengan bangga kami menyatakan rupang Buddha setinggi 15 meter dari Vihara Giriniga Makassar sebagai rupang Buddha indoor tertinggi di Indonesia," katanya.

Rupang Buddha indoor milik Vihara Girinaga Makassar ini memecahkan rekor MURI sebelumnya setinggi 8,8 meter. Adapun patung Buddha ini dibuat khusus dalam rangka puncak perayaan Waisak terbesar lingkup Sulsel, yang digelar di TSM Makassar lewat Vesak Goes to Mall.

“Menjadi kebanggaan umat Buddha dan semoga bisa menginspirasi masyarakat Indonesia, utamanya dari seni patung untuk bisa membuat prestasi seperti ini," ungkapnya.

Rekor MURI lain yang dicetak oleh Vihara Girinaga Makassar ialah aksi melukis tas daur ulang oleh pelajar terbanyak di Indonesia. Dari target 250 peserta, ternyata yang berpartisipasi mencapai 666 peserta.

“Jadi sangat membanggakan ya, tidak hanya satu tapi dua rekor sekaligus yang berhasil dicetak oleh Vihara Girinaga Makassar. Rekor baru itu melukis di atas daur ulang sampah, yang tentunya dibuat untuk kampanye cinta lingkungan dan pengurangan sampah. Pesertanya sangat banyak, melebihi target awal panitia," ungkapnya.

Perwakilan MURI berharap agar prestasi yang ditorehkan oleh Vihara Girinaga Makassar dapat menginspirasi masyarakat Indonesia. Khususnya soal aksi melukis di tas daur ulang, tentunya bisa menginspirasi publik untuk membuat kegiatan bertema lingkungan dan langsung memberikan dampak positif.

Ketua Vihara Girinaga, Roy Ruslim, menyampaikan dua kegiatan mencetak rekor MURI telah dipersiapkan dengan matang. Material patung Buddha saat tiba langsung dibawa ke lokasi acara dan disusun. Sedangkan untuk lomba menghias tas daur ulang, pesertanya sejak awal sudah membeludak.

Ia menyebut lomba menghias tas daur ulang merupakan kegiatan peduli lingkungan, yang menunjukkan komitmen Go Green dari Vihara Girinaga Makassar.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru