AK Manufaktur Bantaeng Target Jalin Kerja Sama dengan 10 Mitra Tiap Tahun

Luqman Zainuddin
Jum'at, 21 Jun 2024 11:57
AK Manufaktur Bantaeng Target Jalin Kerja Sama dengan 10 Mitra Tiap Tahun
Kepala BPSDMI Kemenperin RI Masrokhan (paling kanan) ketika berada di stan AK Manufaktur Bantaeng di Industrial Vocational Fair 2024 di Claro Makassar, 20-21 Juni 2024. Foto: SINDO Makassar/Luqman Z
Comment
Share
MAKASSAR - Akademi Komunitas Industri Manufaktur Banteng (AK Manufaktur Bantaeng) mematok target menjalin kerja sama dengan 10 mitra tiap tahunnya.

Hal ini diungkap Direktur AK Manufaktur Bantaeng Dr Arminas di Industrial Vocational Fair 2024 yang digelar Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) RI, 20-21 Juni.

"Kami punya target, setiap tahun kita menambah 10 mitra industri. Tidak hanya di Sulawesi, tapi di kota besar lain, hingga ke Jawa," beber Arminas.

Saat ini, AK Manufaktur Bantaeng sudah menjalin kerja sama dengan ratusan mitra kerja sama praktik industri dan prospek kerja lulusan. Semakin banyak mitra kerja sama, semakin mantap pula kualitas dan serapan lulusan AK Manufaktur Bantaeng.



Beberapa mitra AK Manufaktur Bantaeng di antaranya PT Huadi Nickel Alloy, PT Charoen Pokphand, PT Trakindo Utama, PT Indonesia Weda Bay Industrial Park, PT Japfa Comfeed Indonesia, dan beberapa korporasi besar lainnya.

Arminas bilang, serapan lulusan AK Manufaktur Bantaeng tiap tahunnya semakin baik. Tahun lalu saja, ada 80 persen dari 102 lulusan yang terserap di dunia kerja.

"Tahun lalu serapan (tenaga kerja) sudah 80 persen, dari total lulusan 102 alumni. Ini sementara proses (wisuda) lagi. Malahan sebelum wisuda mereka sudah ada yang ditempatkan di Industri," sambung Arminas.

Ia menambahkan, tahun ini AK Manufaktur Bantaeng menargetkan menerima mahasiswa baru sebanyak 197 orang untuk tiga jurusan, yakni Teknik Perawatan Mesin, Teknik Listrik dan Instalasi, dan Analisis Kimia.



Guna mencapai target tersebut, beberapa strategi dilakukan. Mulai dari mendatangi sekolah yang ada di sekitar Kabupaten Bantaeng, misal Bulukumba, Sinjai, Takalar, Jeneponto, hingga Bone dan Wajo.

"Strategi selanjutnya melibatkan juga mahasiswa, melalui kegiatan organisasi. Dalam waktu dekat ini mereka akan membuat semacam kegiatan bersama semua Ketua OSIS di Bantaeng untuk menyosialisasikan AK Manufaktur Bantaeng ini," beber dia.

Arminas menegaskan, AK Manufaktur Bantaeng merupakan solusi tepat bagi mereka yang mencari kerja. Sebab ini merupakan pendidikan vokasi, yang membentuk peserta didik siap kerja.

"Di dalam sistem kurikulum sudah diterapkan 3 -1 . Tiga semester di kelas, satu semester di Industri. Masukan dari beberapa industri, bahwa kurikulum sebaiknya direvisi 2-2, dua semester di industri dua semester di kelas," kata dia.



AK Manufaktur Bantaeng merupakan akademi komunitas di bawah naungan Kemenperin. Selain AK Manufaktur Bantaeng, ada Politeknik ATI Makassar, Politeknik Morowali, SMA-SMAK Makassar, dan SMA-SMTI Makassar.

Tahun ini pendaftaran mahasiswa baru AK Manufaktur Bantaeng masih terbuka via jalur Jarvis Mandiri Gelombang I: 27 Mei-12 Juli 2024 dan Gelombang II: 15 Juli-30 Agustus 2024.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru