29.000 Pelajar & Guru Ikuti Festival Vokasi Satu Hati

Tri Yari Kurniawan
Rabu, 23 Okt 2024 23:33
29.000 Pelajar & Guru Ikuti Festival Vokasi Satu Hati
Sebanyak 26.917 pelajar dan 2.615 guru dari ratusan SMK mitra binaan AHM beradu kompetensi dalam Festival Vokasi Satu Hati (FEVOSH) 2025 tingkat regional. Foto/Istimewa
Comment
Share
JAKARTA - Sebanyak 26.917 pelajar dan 2.615 guru dari ratusan SMK mitra binaan PT Astra Honda Motor (AHM) beradu kompetensi dalam Festival Vokasi Satu Hati (FEVOSH) 2025 tingkat regional. Mereka mengikuti rangkaian uji kompetensi sesuai Kurikulum Merdeka Teknis Sepeda Motor untuk menjadi finalis tingkat nasional.

Kurang lebih 29.000 pelajar dan guru diuji melalui berbagai materi, termasuk pengenalan alat, pengukuran, perawatan, dan perbaikan sepeda motor Honda. Guru juga diuji dalam teknik mengajar yang tepat dan menyenangkan bagi siswa. FEVOSH berfungsi sebagai kompetisi dan kalibrasi penyerapan kurikulum Teknik Sepeda Motor Astra Honda (TSM) bagi pelajar dan guru di SMK mitra binaan AHM.

Ajang ini diselenggarakan oleh AHM bekerja sama dengan 27 Main Dealer sepeda motor Honda di seluruh Indonesia. Gelaran ini berlangsung secara bertingkat, mulai dari tingkat sekolah hingga final nasional.

Seleksi tingkat sekolah yang berlangsung dari September hingga 15 Oktober 2024 melibatkan 710 SMK mitra binaan AHM di seluruh Indonesia. Dari hasil seleksi regional, 40 peserta didik dan 27 guru terbaik terpilih untuk mengikuti uji kompetensi tingkat nasional pada Februari 2025.

Pada FEVOSH, AHM akan memberikan penghargaan kepada tiga peserta terbaik di setiap kategori pelajar dan guru, serta apresiasi kepada SMK mitra binaan terbaik dalam implementasi kurikulum TSM Astra Honda dan program vokasi.

General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, menyatakan bahwa Festival Vokasi Satu Hati merupakan bagian dari semangat Sinergi Bagi Negeri di bidang pendidikan.

"Kami terus berkomitmen untuk menghasilkan generasi unggul dengan mendorong pendidikan berkualitas melalui implementasi Kurikulum Merdeka. Link and Match antara dunia pendidikan dan industri kami hadirkan melalui dukungan fasilitas sekolah dan kurikulum yang selaras dengan standar industri," ujarnya.

Di puncak FEVOSH 2025, AHM akan memberikan penghargaan hingga ratusan juta rupiah bagi pemenang, serta dana pendidikan untuk seluruh peserta finalis. Siswa terbaik juga berkesempatan mendapatkan beasiswa prestasi Astra untuk kuliah tanpa biaya di Politeknik Astra.

Saat ini, AHM membina 710 SMK TSM Astra Honda di 293 kota atau kabupaten di 36 provinsi di Indonesia. AHM menyediakan 112 Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk mensertifikasi kompetensi siswa sebelum memasuki dunia kerja. Selain itu, terdapat 21 SMK mitra binaan dengan fasilitas Teaching Factory (TEFA), di mana para pelajar dapat belajar langsung dalam bisnis bengkel sepeda motor Honda.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru