Pangdam Hasanuddin Matangkan Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI

Gusti Ridani
Selasa, 28 Mar 2023 20:32
Pangdam Hasanuddin Matangkan Persiapan Pengamanan Kunjungan Presiden RI
Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) dan Rapat Koordinasi Pengamanan (Rakorpam) persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo. Foto: SINDO Makassar/Gusti Ridani
Comment
Share
MAKASSAR - Pangdam XIV/Hasanuddin, Totok Imam Santoso memimpin Rapat Kordinasi Wilayah (Rakorwil) dan Rapat Koordinasi Pengamanan (Rakorpam) Kunjungan Presiden Joko Widodo di Balai Pertemuan Hasanuddin Makodam XIV, Selasa (28/3/2023).

Presiden Joko Widodo akan melaksanakan sejumlah agenda di Sulsel. Salah satunya, peresmian Proyek Strategis Nasional (PSN) kereta api Maros-Barru. Serta meninjau perkembangan ekonomi dan pembangunan lainnya di wilayah Sulsel.

Pangdam XIV/Hasanuddin, Totok Imam Santoso mengatakan, hari ini pihaknya melaksanakan rapat bersama Tim Satinpres dari Istana Kepresidenan dan Paspampres mengenai kunjungan kerja Presiden RI.

Baca juga: Jokowi Diagendakan Berkunjung ke Maros, Chaidir Lakukan Sejumlah Persiapan

"Mulai dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, Kodam XIV Sulsel Hasanuddin, Polda Sulsel, Lantamal Korps U2, dan BIN, melaksanakan rapat dan tadi kita juga laksanakan gelar pasukan," ujarnya.

Pihaknya ingin kunjungan Presiden RI selama dua hari berjalan dengan lancar dan aman sesuai harapan, dengan melibatkan TNI, Polri, Intelejen dan pemerintah.

"Kita menyiapkan gabungan dari bagian TNI, polri, dari intelijen kemudian pemerintah daerah dan institusi terkait kita libatkan. Kita anggap pengamanan bersama untuk kita," jelasnya.



Pihaknya juga telah mengimbau masyarakat untuk menjaga ketertiban. Adapun menyampaikan aspirasi, agar disampaikan melalui perwakilan dan diwadahi oleh pemerintah provinsi dan akan disampaikan kepada Presiden RI.

"Kita sudah sampaikan kepada masyarakat diimbau, karena besok pemimpin kita akan hadir di sini mari kita jaga Makassar, Maros, Luwu," terangnya.

Dengan semua gabungan personel yang dimiliki, pihaknya sudah siap mengambil risiko untuk pengamanan Presiden RI. Ia berharap masyarakat dapat menunjukkan rasa bangga dengan wilayah yang dimiliki.



"Dengan gabungan personel yang kita miliki, semua sudah siap mengambil segala risiko. Kita mengimbau kepada masyarakat yang ada di sini marilah kita bangga dengan wilayah kita," ungkapnya.

Adapun Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto telah melakukan kunjungan di dua titik lokasi yang direncanakan didatangi Presiden. Yakni Pelabuhan Ikan Paotere dan Pasar Terong. Ditemani beberapa SKPD Danny secara langsung menginstruksikan kesiapan Pemkot Makassar.
(MAN)
Berita Terkait
Berita Terbaru