Telkomsel & Unhas Jalin Kerja Sama Tri Dharma, dari Praktisi Mengajar hingga Penelitian

Tri Yari Kurniawan
Senin, 10 Apr 2023 17:40
Telkomsel  & Unhas Jalin Kerja Sama Tri Dharma, dari Praktisi Mengajar hingga Penelitian
Manajemen Telkomsel memberikan cindera mata kepada Rektor Unhas Prof Jamaluddin Jompa seusai penandatangan kerja sama kedua belah pihak. Foto/Muchtamir Zaide
Comment
Share
MAKASSAR - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) dan Universitas Hasanuddin (Unhas) sepakat menjalin kerja sama di berbagai bidang. Di antaranya terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pembenahan infrastruktur jaringan.

Kerja sama itu diteken langsung oleh Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka, Mirza Budiwan dan Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa di ruang kerja rektor, Senin (10/4/2023). Turut hadir General Manager Region Network Operations and Productivity Sulawesi, Muhammad Idham Kadir dan General Manager Consumer Sales Region Sulawesi, Andri Kurniawan.



Rektor Unhas, Prof Jamaluddin Jompa, menyambut positif kerja sama dengan Telkomsel, khususnya terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal itu meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat.

Di bidang pendidikan, kerja sama itu melingkupi program praktisi mengajar dan penerimaan mahasiswa KKN. Ke depan, pihak Telkomsel diharapkan bisa memberikan edukasi langsung kepada mahasiswa Unhas perihal berbagai hal teknis, termasuk soal teknologi jaringan.

Prof Jamaluddin mengimbuhkan di bidang penelitian dan pengembangan, Unhas dan Telkomsel terbuka untuk berkolaborasi dalam melakukan penelitian yang bermanfaat untuk kehidupan. Kerja sama di bidang penelitian, termasuk mengenai pendanaan.

"Jadi hal-hal yang berkaitan tantangan ke depan dan pengembangan yang sifatnya teknologi baru, termasuk penggunaan 5G, dimana Unhas siap ikut berperan, ikut melakukan penelitian bersama dengan Telkomsel. Nantinya bisa share funding dan itu strategis," katanya.

Di bidang pengabdian masyarakat, Unhas dan Telkomsel bersepakat ingin menebar manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat. Contohnya terkait upaya konektivitas kapal nelayan maupun daerah terpencil akan terus didorong.

"Intinya, kerja sama seperti ini sangat membantu dan bermanfaat, utamanya bagi Unhas yang berkomitmen ingin selalu mengabdi dan berkontribusi untuk pengembangan bangsa," jelasnya.

Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Pamasuka, Mirza Budiwan, pada kesempatan itu menyebut ruang lingkup kerja sama juga mencakup pembenahan jaringan infrastruktur Telkomsel di kawasan Unhas dan sekitarnya. Termasuk rumah sakit, asrama dan perumahan dosen.

"Kami ingin memastikan di seluruh wilayah Unhas, jaringan Telkomsel tersedia dengan baik. Jadi bukan hanya di kampus, tapi juga di rumah sakit, perumahan dosen dan wilayah yang tersambung dengan Unhas," tuturnya.

Adapun kerja sama di bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi pun disambutnyanya, seperti praktisi mengajar dan penerimaan mahasiswa KKN. Lewat kerja sama ini, Telkomsel ingin berkontribusi dalam mencetak mahasiswa unggul, termasuk menyiapkan tenaga kerja yang siap kerja.

"Semisal program praktisi mengajar, itu untuk menjembetani kebutuhan industri dengan kampus. Kami ingin mendorong agar lulusan Unhas bisa langsung fit dengan kebutuhan industri. Makanya, kami menawarkan program coaching itu dan ada juga penerimaan mahasiswa magang," ungkapnya.



Lebih jauh, Mirza menyebut yang tak kalah menarik adalah kesepakatan di bidang penelitian. Hal ini memang terbilang baru dilakukan bersama Unhas. Pihaknya menyambut baik dan berharap bisa terealisasi. Toh, Telkomsel sudah memiliki pengalaman dengan perguruan tinggi lain di luar Pulau Sulawesi.

"Ini kami sambut baik dan inginnya tentu bisa ikut. Sebenarnya sudah ada beberapa penelitian yang dilakukan pihak kampus dan kami ikut, tapi itu kampusnya di luar Sulawesi. Ada beberapa yang sudah kami ikuti, seperti mobil listrik dan mobil tanpa awak, dimana tim Telkomsel ikut dalam penelitian," pungkasnya.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru