Peduli Kesehatan, Caleg PKS untuk DPR RI Gelar Pengobatan Gratis di Balang Baru

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 10 Sep 2023 17:09
Peduli Kesehatan, Caleg PKS untuk DPR RI Gelar Pengobatan Gratis di Balang Baru
Caleg PKS untuk DPR RI, Kasmawati Basalamah, menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di Kelurahan Balang Baru, Kota Makassar. Foto/Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Calon Legislatif (Caleg) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk DPR RI, Kasmawati Basalamah, menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis di wilayah Lantang Peo, Kelurahan Balang Baru, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (10/9/2023).

Kegiatan itu diikuti kurang lebih 100 warga setempat, baik anak-anak maupun orang dewasa. Aksi peduli kesehatan ini dilakukan Kasmawati yang berprofesi dokter dengan turut mengandeng dua dokter gigi.

Pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pengecekan tekanan darah hingga pemeriksaan gigi dan gusi. Juga dilakukan pemberian vitamin kepada anak-anak. Adapun pengobatan gratis diberikan kepada penderita flu dan luka akibat terjatuh.

Pada kesempatan itu, Kasmawati juga mendorong agar masyarakat setempat yang memiliki riwayat penyakit batuk untuk memeriksa dahak. Hal itu bentuk penelusuran potensi penyakit Tuberkulosis alias TB.

Kasmawati menjelaskan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat. Dari hasil pengecekan, rata-rata banyak yang mengeluhkan gatal dan rematik serta batuk atau flu.

Ironisnya, kata dia, masih banyak masyarakat di Lantang Peo yang ternyata tidak terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Tidak sedikit mengaku belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, meski terdata sebagai warga kurang mampu.

"Ini menjadi salah satu alasan saya untuk turun langsung melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis. Ya karena saya tahu masih banyak yang tidak tersentuh, meski tinggal di perkotaan," ucap dia.

"Ya tadi ada kepala keluarga yang tidak punya BPJS Kesehatan, tapi anaknya terdaftar. Ada juga sebaliknya. Ya harusnya mereka ini yang masuk kategori tidak mampu kan ditanggung pemerintah. Kalau seperti ini, kalau sakit ya mau kemana," sambung ibu ulama kondang, Ustadz Khalid Basalamah ini.

Lebih jauh, Kasmawati yang maju sebagai Caleg DPR RI untuk Dapil I itu menyebut aksinya turun langsung ke lapangan untuk melihat kondisi lingkungan. Disebutnya masih banyak pekerjaan rumah pemerintah, khususnya upaya meningkatkan erajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan itu, Kasmawati juga memberikan edukasi politik bersih. Bertarung sebagai caleg dan berkompetisi dengan figur lain, baik dari internal PKS maupun parpol lain, tidak berarti harus saling menjatuhkan atau menjelekkan. Ditegaskannya pula, berpolitik harus dilandasi niat baik untuk menebar manfaat positif kepada umat atau masyarakat.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru