UMI Lakukan PkM Pendampingan Menulis untuk Siswa di Takalar

Tim Sindomakassar
Minggu, 26 Nov 2023 18:46
UMI Lakukan PkM Pendampingan Menulis untuk Siswa di Takalar
Kerjasama dengan Lembaga pengabdian masyarakat (LPKM) UMI yang berlangsung pada 29-30 September 2023. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Civitas Fakultas Sastra Universitas Muslim Indonesia (UMI), mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan pendampingan penerapan keterampilan menulis melalui strategi iamge streaming pada pembelajaran bahasa siswa kelas VII SMPN 1 Sanrobone, Kabupaten Takalar.

Dosen Fakultas Sastra UMI, Ihramsari Akidah dan Rizkariani Sulaiman, yang melakukan pendampingan mengatakan, kegiatan ini kerjasama dengan Lembaga pengabdian masyarakat (LPKM) UMI yang berlangsung pada 29-30 September 2023.



Dalam pemaparannya, Ihramsari mengatakan kegiatan ini atas melalui program PkM internal LPkM UMI. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Keterampilan menulis memang sangat diperlukan di zaman modern saat ini, tetapi pada kenyataannya pengajaran menulis masih jauh dari harapan yang diinginkan.

"Banyaknya faktor yang telah menyebabkan kurangnya keterampilan dari siswa dalam menulis, khususnya menulis kreatif. Kesulitan menulis seringkali diakibatkan oleh kompleksnya sebuah permasalahan dalam menulis," katanya.

Pengabdian ini kata dia, bertujuan memberikan pembelajaran yang berkesinambungan dan berkelanjutan dari informasi pada pengabdian yang lalu agar tidak hanya sekedar merangkai sebuah kata yang utuh.

"Tetapi dapat dituangkan ke dalam tulisan menggunakan strategi yang tepat khususnya bagi siswa di SMPN 1 Sanrobone," ungkap Ketua Tim Pengabdi, Ihramsari.



Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa, untuk meningkatkan keterampilan siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran yang tepat yakni strategi image streaming dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat berlatih menuangkan idenya dalam bentuk tulisan; mengetahui sejauh mana peningkatan kemampuan siswa dalam keterampilan menulis untuk menyusun sebuah kalimat utuh melalui strategi Image Streaming.

"Memberikan inovasi-inovasi kepada guru dan siswa dalam pelaksanaan proses pembelajaran di kelas," katanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru