DVI Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban Kebakaran di Plumpang

Tri Yari Kurniawan
Minggu, 05 Mar 2023 18:25
DVI Polri Terima 16 Kantong Jenazah Korban Kebakaran di Plumpang
Total Tim DVI Polri telah menerima 16 kantong jenazah, yang terdiri dari 15 bagian tubuh lengkap dan satu bagian tubuh tertentu terkait kebakaran Depo Pertamina di Plumpang. Foto/Dok Polri
Comment
Share
JAKARTA - Tim Disaster Victom Identivication (DVI) RS Polri Kramatjati telah menerima belasan data antemortem dari keluarga korban kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta Utara. Data tersebut berdasarkan pencatatan hingga pukul 09.00 WIB hari ini.

“Yang lapor ke posko antemortem 11,” ungkap Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Pol Ahmad Ramadhan, dilansir dari laman resmi Polri, Minggu (5/3/23).



Kemudian, telah diterima 16 kantong jenazah yang terdiri dari 15 bagian tubuh lengkap dan satu bagian tubuh tertentu.

“Kemudian, satu jenazah yang kemarin sudah teridentifikasi, atas nama Fakhrul Hidayatullah sudah diambil pihak keluarga,” ujar Karopenmas.

Menurut dia, keluarga diharapkan menyerahkan data antemortem ke posko yang disediakan guna proses identifikasi. Sebab, dari 16 jenazah yang diterima, belum semua teridentifikasi.

Tim DVI Polri diketahui menggunakan tiga metode untuk mengidentifikasi korban kebakaran Depo Pertamina di Plumpang, Jumat (3/3/2023) lalu. Proses identifikasi tersebut dilaksanakan di RS Polri, Jakarta Timur.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo, menjelaskan metode pertama berupa penelitian dengan menggunakan DNA. Sejauh ini, Labfor Polri telah mengirim sejumlah sampel DNA untuk diperiksa dan hingga kini masih berproses.



"Pertama, penelitian dengan menggunakan DNA. Ini butuh laboratorium DNA. Dari Labfor Polri sudah mengirim sampel DNA dari pihak keluarga 10 dan ini masih diproses oleh tim DVI Polri," kata Dedi, dilansir dari laman resmi Polri.

Metode kedua yakni ontologi. Dedi memberikan penjelasan bahwa metode ini berupa identifikasi melalui gigi. Kemudian, metode ketiga berupa pemeriksaan atau identifikasi menggunakan sidik jari.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru