Pemprov Sulsel-Bulog Wilayah Sulselbar Lakukan Evaluasi Bantuan Pangan

Tim Sindomakassar
Selasa, 30 Apr 2024 20:38
Pemprov Sulsel-Bulog Wilayah Sulselbar Lakukan Evaluasi Bantuan Pangan
Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama dengan Perum Bulog Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat melakukan evaluasi bantuan pangan tahap pertama. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) bersama dengan Perum Bulog Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat melakukan evaluasi bantuan pangan tahap pertama, di mana untuk tahap kedua yang akan mulai disalurkan pada Mei ini.

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Muhammad Arsjad menjelaskan, pentinganya evaluasi bantuan pangan tahap I dilakukan, agar mengetahui apa saja kendala pada penerimaannya lalu.



Selain itu, Arsjad yang juga merupakan Kepala Dinas Ketahanan Pangan mengingatkan penyesuaian verifikasi update data di tahap II bantuan pangan, yang akan mulai disalurkan pada Mei.

“Saya mengingatkan pentingnya verifikasi data di tahap II untuk penerima bantuan, karena penyaluran bantuan pangan pemerintah untuk tahap 1 ini sudah dilakukan, untuk periode Januari, Februari dan Maret dan ini sudah masuk dalam tahap kedua, April, Mei dan Juni,” kata Arsad, usai menghadiri kegiatan di Hotel Grand Claro Makassar, Selasa (30/4/2024).

Menurutnya, evaluasi menjadi penting untuk melihat apa yang menjadi kekurangan salah satu diantaranya adalah update data penyesuaian verifikasi data. "Kami berharap penyaluran kedua data, bisa lebih valid sinkronisasi supaya tepat sasaran,” terangnya.

Kepala Perum Bulog Wilayah Sulawesi Selatan dan Barat (Sulselbar) Ahmad Kholisun mengatakan, Perum Bulog Wilayah Sulselbar melakukan evaluasi bantuan pangan tahap I ini untuk melihat langsung permasalahan data antara yang dilkeluarkan Kementerian PMK dan yang dikeluarkan oleh masing-masing kabupaten dan kota.

“Inikan sempat bermasalah namun sudah diselesaikan untuk data penerimanya, dan untuk wilayah Sulsel penyaluran bantuan pangan itu mencapai 100 persen dan sesuai dengan waktu yang diberikan untuk penyalurannya,” paparnya.

Ahmad Kholisun menyatakan, evaluasi ini juga menjadi penting dilakukan di tahap kedua, agar nantinya saat penyaluran tidak mengalami masalah apalagi ini akan mulai disalurkan, per Mei.



“Tahap II ini akan mulai disalurkan per Mei , jadi ini masih akan disalurkan untuk April, dan yang Mei pada akhir bulan nanti,sedangkan Juni sesuai jadwal dan ini untuk namanya by name by adres kalau ada yang disebutkan masih akan proses verifikasi, jika tidak akan langsung diserahkan,” terangnya.

Untuk tahap II ini Ahmad Kholisun menyebutkan penerima manfaat Bantuan Pangan ini, akan diberikan kepada 706.471 penerima bantuan pangan/dan ini sama dengan tahap I data penerimanya.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru