Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi, Layanan Tanggap Bencana Kini Lebih Optimal

Tri Yari Kurniawan
Senin, 24 Jun 2024 20:47
Sekretariat Kalla Rescue Resmi Beroperasi, Layanan Tanggap Bencana Kini Lebih Optimal
Tim Kalla Rescue saat melakukan simulasi pertolongan darurat kepada korban yang mengalami patah tulang akibat gempa bumi di Nipah Park. Foto/Dok KALLA
Comment
Share
MAKASSAR - Kalla Rescue meresmikan sekretariat yang berlokasi di Nipah Park, Kota Makassar, pada Senin (24/6/2024). Bukan sebatas bangunan fisik, tapi menjadi simbol spirit dalam layanan tanggap bencana.

Peresmian dilakukan secara simbolis dengan pengguntingan pita oleh Marketing, Strategy & Digitalization Director KALLA, Zumadi Setiawan Anwar. Turut hadir yakni Kepala Kantor Basarnas Makassar Muhammad Arif Anwar, Kepala BPBD Makassar Achmad Hendra Hakamuddin, Kepala Pelaksana BPBD Sulsel Amson Padolo, dan Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal.

Dalam sambutannya, Zumadi menekankan bahwa sekretariat Kalla Rescue bukan hanya sebuah bangunan fisik, tapi menjadi simbol dari semangat kebersamaan, solidaritas, dan kepedulian kita terhadap sesama.

Ia bilang sekretariat ini akan lebih memudahkan tim Kalla Rescue dalam merencanakan, mengkoordinasikan, dan melaksanakan berbagai kegiatan kemanusiaan. Di tempat ini pula, tim Kalla Rescue akan mengasah kemampuan, berbagi pengetahuan, dan memperkuat jejaring kerjasama dengan berbagai pihak.

“Kami yakin, dengan adanya sekretariat ini, mereka akan semakin mampu memberikan respons yang cepat dan tepat dalam setiap situasi darurat. Kita dapat memaksimalkan potensi yang ada, mengoptimalkan koordinasi antar relawan, dan memastikan bahwa bantuan yang kita berikan sampai kepada mereka yang benar-benar membutuhkan," jelas Zumadi.

Kepala Kantor Basarnas Makassar, Muhammad Arif Anwar, mengucapkan selamat atas dibukanya kesekretariatan Kalla Rescue. Sebagai organisasi yang bergerak di bidang kemanusiaan, Kalla Rescue disebutnya memiliki tanggung jawab yang besar untuk membantu sesama terutama mereka yang berada dalam kondisi sulit.

"Harapannya dengan hadirnya sekretariatan ini dapat lebih memudahkan dan lebih efektif dalam memberikan bantuan dan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, menjadi tempat berkumpul dan berdiskusi bagi para anggota dengan para relawan lainnya sehingga tercipta sinergitas yang kuat dalam setiap langkah yang diambil," ujarnya.

Ucapan selamat juga disampaikan oleh Gubernur Sulsel yang diwakili Kepala Pelaksana BPBD Amson Padolo. Diharapkannya sekretariat Kalla Rescue menjadi pusat kegiatan yang produktif dan bermanfaat serta memberikan kontribusi positif dalam penanggulangan bencana.

"Mari kita bersama-sama berdoa agar senantiasa diberi kekuatan dan perlindungan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa dalam menjalankan tugas yang mulia ini," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Amson mewakili Pemprov Sulsel menyampaikan apresiasi kepada KALLA dan Kalla Rescue yang turut membantu mengevakuasi korban banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu pada Mei 2024. Sehingga pelibatan ini menunjukkan peran dunia usaha dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana sangat dibutuhkan mengingat urusan bencana adalah urusan kita bersama.

Dalam rangkaian acara peresmian sekretariat, tim Kalla Rescue juga melakukan simulasi pertolongan korban kecelakaan kerja. Dimana seluruh tim mempraktikkan pertolongan untuk korban yang terjebak di ketinggian gedung pada saat terjadi gempa.

Sejak resmi terbentuk pada November tahun 2022, Kalla Rescue yang merupakan tim tanggap bencana KALLA terus berupaya secara konsisten terlibat aktif dalam melaksanakan berbagai misi kemanusiaan, pencarian dan penyelamatan korban bencana.

Saat ini, Kalla Rescue beranggotakan 21 orang yang merupakan karyawan dari berbagai unit bisnis KALLA. Selain itu, seluruh tim Kalla Rescue telah tersertifikasi SAR Nasional.
(TRI)
Berita Terkait
Berita Terbaru