Ajak Nasabah Bank Sampah Tukar Sampah dengan Sembako

Tim Sindomakassar
Minggu, 07 Jul 2024 21:10
Ajak Nasabah Bank Sampah Tukar Sampah dengan Sembako
PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola jaringan Alfamart bersama Bank Sampah Unit Rosella, kecamatan Manggala menjalankan program “Ayo!!! Tukar Sampah dengan Sembako. Foto: Istimewa
Comment
Share
MAKASSAR - Sebagain orang menganggap sampah adalah benda yang tak bernilai. Bahkan dianggap tidak ada manfaatnya lagi. Padahal sampah jika dikelola dengan baik, dapat memberikan manfaat bahkan mendatangkan banyak keuntungan.

Sebagai bentuk dukungan mempromosikan gaya hidup ramah lingkungan (green lifestyle), PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (SAT) pengelola jaringan Alfamart bersama Bank Sampah Unit Rosella, kecamatan Manggala menjalankan program “Ayo!!! Tukar Sampah dengan Sembako”.



Dalam program ini Alfamart memberikan kesempatan bagi warga sekitar Bank Sampah atau nasabah dari bank sampah untuk menukarkan sampah rumah tangga mereka, seperti kardus, kertas, botol, galon, plastik air mineral dan sebagainya, untuk ditukarkan dengan gula 1 Kg, terigu 1 kg atau minyak 1 liter.

Direktur Bank Sampah Rosella, Andi St Zaenab Amir mengatakan, bank sampah merupakan cara untuk mengajak masyarakat agar mau terlibat dalam pengelolaan sampah yang saat ini menjadi masalah bagi kita semua.

"Dalam kegiatan ini, nasabah bank sampah atau warga yang belum jadi nasabah diajak untuk menyetorkan sampah sesuai jenis yang dapat ditukar. Nilainya akan disesuaikan dengan harga sembako yang ada," kata Andi St Zaenab Amir disela-sela kegiatan penukaran sampah, Sabtu (6/7/2024).

Menurutnya, bank sampah juga dilaksanakan dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi sampah rumah tangga.

"Alhamdulillah warga sangat antusias mulai dari memilah sampah sesuai jenisnya, menyetorkan ke bank sampah, sampah ditimbang, kemudian dicatat dan dibukukan. Sampah yang disetor akan dikonversi menjadi sembako mulai dari gula 1 Kg atau minyak goreng 1 liter," katanya.

Branch Mangager Alfamart Makassar, Bambang Triyanto melalui Branch Corporate Communication Alfamart Latifah Ulfa mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Kampung Alfamart Sahabat Bumi (KASB). KASB merupakan program CSR berkelanjutan dari Alfamart di bidang lingkungan, yakni dengan memberdayakan kampung yang berorientasi kepada kelestarian lingkungan.



"Tujuan kami adalah membentuk kampung yang mempunyai ekosistem sosio lingkungan ekonomi, di mana mereka punya kesadaran akan lingkungan yang lestari ternyata juga menunjang perekonomian sehari-hari," ungkapnya.

Alfamart berharap, kelompok usaha pengolahan sampah ini diharapkan bisa berdampak lebih luas menjadi kelompok masyarakat peduli lingkungan. Sehingga secara otomatis, ke depannya bank sampah ini bisa beroperasi secara maksimal.
(GUS)
Berita Terkait
Berita Terbaru